Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud bersama istri Hj Nurlena Rahmad dan didampingi putri sulung Cindara Mas'ud menerima penganugerahan istimewa dari Keraton Kasunanan Surakarta, Solo, Jawa Tengah, pada hari Sabtu, 2 Maret 2024
Daerah

Wali Kota Balikpapan Terima Gelar Kehormatan ‘Kanjeng Raden Tumenggung’ dari Keraton Solo

  • BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud bersama istri Hj Nurlena Rahmad menerima penganugerahan istimewa dari Keraton Kasunanan Sura
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud bersama istri Hj Nurlena Rahmad menerima penganugerahan istimewa dari Keraton Kasunanan Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Wali Kota Balikpapan dianugerahi penghargaan Budaya Gelar Ningrat Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), dari Sutan Keraton Kasunanan Surakarta, Sri Susuhunan Pakubuwono XIII yang memiliki nama GRM. Surya Partana/KGPH. Hangabehi, di Keraton Kasunanan Surakarta, Solo, Jawa Tengah pada hari Sabtu, 2 Maret 2024.

Saat menerima penghargaan, Wali Kota Balikpapan bersama istri didampingi putri sulung, Cindara Mas'ud. Turut hadir, para tokoh masyarakat dan pejabat pemerintah setempat dan disambut hangat oleh warga Solo.

Penganugerahan istimewa ini diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berjasa dalam melestarikan budaya daerah dan telah menjaga keberagaman di wilayah Jawa, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya. 

Wali Kota mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada dirinya. 

"Mudah-mudahan gelar yang kami terima dapat menjadi salah satu jalan, menebar manfaat dalam melestarikan kebudayaan menjaga kemajemukan di Nusantara," ucapnya melalui media sosial pribadinya, pada hari Minggu, 3 Maret 2024.

BACA JUGA:

Gelar yang diberikan ini membuktikan bahwa peran aktif Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud  dalam mempromosikan dan melindungi kekayaan budaya Indonesia telah diakui secara luas. Diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi untuk turut serta dalam menjaga dan memperkaya warisan budaya Indonesia.

“Adanya penghargaan ini. Semangat untuk melestarikan budaya dan menjaga keberagaman semakin terpupuk," jelasnya.

Ketua Paguyuban Berebes, Tegal, Pemalang (Bergalang) Kota Balikpapan, Suntoro menyampaikan rasa bangga atas anugerah gelar kehormatan "Kanjeng Raden Tumenggung" yang diberikan Keraton Kasunanan Surakarta, Solo, Jawa Tengah, kepada Wali Kota Balikpapan.

Seperti diketahui bahwa Kota Balikpapan ini merupakan miniaturnya Indonesia, semua suku bangsa hampir seluruhnya ada di Indonesia.

Meskipun demikian, kehidupan di Kota Balikpapan sangat rukun dan damai. Bahkan, semua elemen masyarakat selalu berupaya menjaga kondusifitas Kota Balikpapan. "Saya sangat bangga," ungkapnya. (*)