Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud tinjau pelaksanaan penyaluran BLT Minyak Goreng di Kantor Pos Cabang Balikpapan, Selasa 12 April 2022
Kabar Ibu Kota

Wali Kota Balikpapan Tinjau Langsung Penyaluran BLT Minyak Goreng

  • IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 12.185 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan tersebut dari Pemerintah Pusat berupa minyak go
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 12.185 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan tersebut dari Pemerintah Pusat berupa minyak goreng dan sembako yang diberikan dengan dana tunai sebesar Rp 500 ribu. 

Penyerahan secara simbolis diberikan langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud kepada warga Kelurahan Telagasari Tarjo dan Haniah Kelurahan Prapatan di Kantor Pos Cabang Balikpapan, Selasa 12 April 2022. 

Dalam penyerahan, Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang memberikan bantuan langsung tunai kepada seluruh warga Indonesia termasuk Kota Balikpapan. Dan penyaluran disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

“Pesan kami dari Pemerintah Kota Balikpapan tentu bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Gunakan untuk kebutuhan kita sesuai keperluan, jangan kita boros,” pesan Wali Kota kepada Keluarga Penerima Manfaat. 

Pesan itu disampaikan mengingat kondisi saat ini masih dalam kondisi pandemic covid-19. Ditambah situasi global dunia dampak dari Perang Rusia dengan Ukraina dan mempengaruhi kondisi ekonomi seluruh dunia termasuk Indonesia. 

“Kita bersyukur pemerintah pusat masih peduli memperhatikan warganya melalui BLT yang langsung diterima. Jadi bukan minyak goreng yang diberikan tetapi berupa dana. Sehingga dana bisa dimanfaatkan di bulan Ramadan dan menyambut Idul  Fitri,” tambahnya. 

Selain itu, Wali Kota juga berpesan tetap menjalankan protokol kesehatan walaupun kasus terkonfirmasi Covid-19 melandai. Dan Balikpapan saat ini berstatus PPKM Level 1. 

“Meski level 1 kegiatan tetap dilaksanakan dengan prokes sehingga covid dapat dikendalikan,” tuturnya.

Penyerahan secara simbolis penyaluran BLT Minyak Goreng di Kantor Pos Balikpapan

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Balikpapan Wendy Nugroho mengatakan, bantuan yang disalurkan totalnya Rp 500 ribu tunai untuk satu KPM. 

“Bantuan yang disalurkan itu BLT berupa minyak goreng Rp 100 ribu per bulan untuk tiga bulan dan bantuan sembako bulan Mei Rp 200 ribu. Maka satu paket sekaligus menerima Rp 500 ribu,” ujarnya kepada awak media pada Senin (11/04/2022)

“Untuk paket jumlah Kota Balikpapan data yang sudah masuk itu sebanyak 12.185 KPM,” sebutnya. 

Adapun target penyelesaian penyaluran paling lama 21 April 2022. Lokasi penyaluran, selain Kantor Pos, juga Kantor Kecamatan dan kelurahan. “Waktu maksimal yang diberikan ke kami itu  21 April 2022 sudah harus selesai,” ujarnya

Berikut rincian penerima KPM di masing-masing kecamatan di Balikpapan. Yaitu Balikpapan Barat 2.847 KPM, Balikpapan Kota 848 KPM, Balikpapan Selatan 1636 KPM, Balikpapan Tengah 1.869 KPM, Balikpapan Timur 2.227 KPM, Balikpapan Utara 2.758 KPM.

Tarjo, salah seorang penerima BLT mengaku sangat terbantu apalagi kondisi saat ini harga-harga mengalami kenaikan. Ditambah minyak goreng yang harganya mengalami kenaikan signifikan. 

“Saya dalam satu bulan bisa dua liter. Anggota keluarga kami tidak banyak, sehingga dengan bantuan ini akan digunakan keperluan sehari-hari,” tandasnya.