Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menerima kunjungan kerja Dinas Pariwisata Kabupaten Kota dan Provinsi Kaltim, Senin sore (7/3/2022)
Kabar Ibu Kota

Wali Kota: Destinasi Wisata Kang Bejo Harus Pertahankan

  • IBUKOTAKINI.COM – Dinas Pariwisata Provinsi bersama 10 kabupaten kota di Kalimantan Timur pada Senin sore (7/3) melakukan kunjungan kerja ke destinasi wisata Ka
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Dinas Pariwisata Provinsi bersama 10 kabupaten kota di Kalimantan Timur pada Senin sore (7/3) melakukan kunjungan kerja ke destinasi wisata Kang Bejo. Kunjungan kerja dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni dan diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud bersama Ketua Penggerak PKK Nurlena Mas’ud dan Asisten II Pembangunan Perekonomian dan Kesra, Agus Budi Prasetyo. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menjelaskan bahwa dengan adanya kunjungan dari sejumlah daerah membuktikan kampung kangkung yang juga menjadi Kampung Tangguh ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang ada di Balikpapan. 

“Tahun lalu sudah mengikuti lomba di tingkat daerah. Semoga tahun ini mudah-mudahan bisa masuk nasional,” tandasnya. 

Kampung wisata yang dikelola sejak tahun 2020 ini juga terdapat beberapa spot foto dan selfie serta area kuliner yang menjual berbagai makanan hasil olahan kangkung.

“Ini adalah sinergi baik dari pemerintah kota, mitra dan lainnya. Peruntukkan sudah ditetapkan Kampung Kangkung. Kalau perlu karena ini milik perorangan, kita berharap jangan dijual tetaplah menjadi tempat wisata,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan Piagam Penghargaan Desa Wisata Kang Bejo sebagai Peserta Desa Binaan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 kepada Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang disaksikan Nurlena Mas’ud selaku Ketua Tim Penggerak PKK Balikpapan, istri Ketua DPRD Balikpapan dan pejabat lainnya. 

Sri Wahyuni mengatakan bahwa kunjungan kerja ini bisa jadi pengalaman dan tempat belajar untuk mengembangkan destinasi lainnya.

“Usia Kang Bejo tiga tahun tapi perkembangannya sangat pesat, kolaborasinya luar biasa. Bukan hanya masyarakat tetapi juga dengan mitra perusahaan dan pemerintah daerah,” tandasnya. 

Pihaknya berharap ke depan pada saat kunjungan kemenparekraf ke desa wisata ini bisa home stay dengan program kulinernya. 

“Mudah-mudahan bisa datang ke sini dan panen kangkung,” ujar Sri Wahyuni. 

Tahun ini, Anugerah Desa Wisata kembali dilaksanakan. Meskipun Kang Bejo sudah masuk 100 besar tahun lalu, tahun ini boleh mengikuti. “Targetnya bisa masuk 50 besar. Karena tahun lalu 100 besar,” pungkasnya.