Warga Balikpapan menggelar Salat Idulfitri 1444 H di Masjid Madinatul Iman Kompleks Balikpapan Islamic Center, Sabtu (22/4/2023). Foto: Arsip
Kabar Ibu Kota

Wali Kota Ingatkan Kebersihan dalam Pesan Iduladha 1443 Hijriah

  •  IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud SE, ME, menyampaikan pesan pada perayaan Iduladha 1443 Hijriah atau 2022 Masehi yang dibacaka
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengingatkan masyarakat menjaga kebersihan dalam pesan pada perayaan Iduladha 1443 Hijriah atau 2022 Masehi di Balikpapan, Ahad (10/7/2022). 

Masyarakat diingatkan agar membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, serta mematuhi jam buang sampah. 

“Mari kita jaga komitmen bersama untuk memelihara kebersihan Kota Balikpapan,  agar lingkungan tetap bersih dan sehat dengan memperhatikan ketentuan dan mekanisme waktu pembuangan sampah pada tempat pembuangan sampah sementara (TPS),” pesan Rahmad Mas'ud yang dibacakan di seluruh masjid dan lokasi salat Iduladha.

Ia juga mengingatkan kebijakan pemerintah agar warga tidak menggunakan plastik sekali pakai pada aktivitas pelaksanaan salat Iduladha.  "Tidak menggunakan plastik sekali pakai dan menggantikan fungsi kantong plastik sekali pakai sebagai kemasan dengan wadah dari bambu, besek atau daun untuk membungkus daging kurban,” tuturnya.  

Dalam pesan tertulisnya Wali Kota Rahmad Mas’ud menyebut Iduladha sebagai momentum umat muslim di seluruh dunia untuk berbagi daging hewan kurban sebagai wujud rasa syukur dan takwa kepada Allah SWT.      

“Semoga nilai ketakwaan dan kebaikan yang ditunjukkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dapat diimplementasikan dalam konteks saat ini,” katanya.  

Walikota menyampaikan kegembiraan bahwa prosesi ibadah haji kemballi dibuka bagi jamaah asal Indonesia setelah 2 tahun tidak dapat diberangkatkan akibat Covid-19. 

“Tahun ini ada 241 jamaah haji asal kota Balikpapan yang bberangkat menunaikan ibadah haji. Mari kita doakan para jamaah agar diberikan keehatan dan kemampuan untuk menunaikan seluruh tahapan ibadah haji dengan baik sampai pulang ke tanah air dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta dan menjadi haji mabrur,” pesan Walikota. 

Selain itu, Wali Kota juga mengingatkan kepada muslimin dan panitia kurban agar betul-betul teliti dalam memilih hewan kurban mengingat akhir-akhir ini mulai mewabah penyakit mulut dan kuku atau PMK yang menyerang hewan ternak.  

“Meskipun penyakit ini tidak berdampak secara medis kepada manusia,  apabila dikonsumsi tetap hendaknya dapat memilih hewan kurban yang benar benar sebat dan memenuhi syarat untuk dikurbankan,” dalam pesan yang dibacakan Muhaimin.

Menyembelih hewan kurban pada hari raya Iduladha hukumnya sunnah muakkadah. Namun demikian di masa wabah ini diimbau umat muslim untuk lebih berhati hati dalam memilih dan membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria serta menjaganya agar tetap dalam keadaan sehat hingga hari penyembelian. 

Dalam proses penyembelihan hewan kurban, pemerintah mengimbau agar masyarakat mengutamakan penyembelian di rumah potong hewan, atau pendistribusian hewan kurban kepada badan amil zakat, dan lembaga amil zakat. 

Namun karena keterbatasan jumlah dan jarak RPH, penyembelihan dapat dilakukan diluar RPH dengan ketentuan yakni melaksanakan penyembelihan di area yang luas dan direkomendasikan oleh instansi terkait.

Membatasi kehadiran pihak-pihak selain petugas penyembelihan hewan kurban dan orang yang berkurban. Menerapkan protokol kesehatan pada saat proses penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan hingga pendistribusian daging.

Memastikan kesehatan hewan kurban melalui kordinasi dinas terkait. Penyembelihan dilakukan petugas yang kompeten dan sesuai syariat Islam.

Pemkot Balikpapan telah mengeluarkan surat edaran nomor 524l0698/DP3 tentang pelaksanaan kegiatan kurban Hari Raya Idul Adha 1443 H dalam kewaspadaan penyakit mulut dan Kuku.

Sementara Ketua DKM Masjid Mahdinatul Iman, Syaiful Bahri mengatakan tahun ini BIC menyembelih 16 ekor sapi dan ekor kambing. Proses penyembelihan akan dilakukan pada Senin (11/7/2022).

DKM Madinatul Iman membagikan kupon kurban kepada 1.240 kupon kepada keluarga miskin, yayasan, mushola yang tidak ada potong hewan kurban, kemudian ada dari jamaah dan kelompok RT di sekitar masjid yang berjumlah 17 RT .

Bertindak sebagai imam pada pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Madinatul Iman kompleks BIC  ialah KH Zailani Mawardi, dan khatib oleh Sarbini.