Daerah

Wali Kota Inginkan Turnamen Pencak Silat Digelar Tiap Tahun, Ini Tujuannya

  • Para peserta yang berlaga untuk menjunjung tinggi sportivitas masalah juara jangan terlalu dipikirkan tapi terus berjuang untuk meraih hasil yang maksimal.
Daerah
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM, BALIKPAPAN—Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud resmi membuka Turnamen Pencak Silat Terbuka di Balikpapan Sport Convention and Center (BSCC)/Dome Balikpapan pada Rabu 21 Februari 2024. 

Turnamen tingkat nasional ini bagian dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 127 Kota Balikpapan. Kegiatan diikuti 1.156 atlet dari berbagai di Kalimantan, Jakarta dan Sulawesi.

Dalam sambutan pembukaan, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengajak para peserta yang berlaga untuk menjunjung tinggi sportivitas, masalah juara jangan terlalu dipikirkan tapi terus berjuang untuk meraih hasil yang maksimal.

“Karena dalam pencak silat ini bukan hanya mencari juara tapi menjadikan generasi generasi yang sehat dan menjalin kebersamaan serta sebagai anak bangsa,” ucapnya didepan para peserta dan para pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Balikpapan.

Menurutnya, para atlet-atlet muda ini akan jadi penerus bagi bangsa, dalam kancah olahraga nasional dan internasional.

“Kami harap kegiatan ini berkesinambungan tiap tahun, kita dukung kegiatan olahraga yang ada di Balikpapan,” katanya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, kegiatan ini menjadi ajang tingkat nasional karena diikuti di luar daerah Kaltim, kita harapkan bisa mencetak atlet bukan hanya kota sampai nasional.

Bahwa pencak silat barometer tingkat nasional dan saat olimpiade juga jadi juara umum, target regenerasi atlet dari usia dini dan pra-remaja.

“Untuk itu kita minta perguruan untuk membina sejak dini agar kelak bisa jadi atlet handal yang membanggakan kota Balikpapan,” ungkap Muhaimin yang juga Sekretaris Daerah Kota Balikpapan.

Tercatat jumlah atlet yang mengikuti turnamen berjumlah 1.156 atlet. Kegiatan berlangsung 4 hari ke depan dengan 12 kategori pertandingan dari anak-anak hingga remaja.