Ilustrasi perusahaan tambang.
Bisnis

Wali Kota Minta Perusahaan Tambang Perhatikan Petani

  • IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengingatkan perusahaan tambang batu bara memberikan manfaat kepada masyarakat petani di sekitar lokasi. Andi
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengingatkan perusahaan tambang batu bara memberikan manfaat kepada masyarakat petani di sekitar lokasi. Andi Harun melihat masih banyak infrastruktur dan akses di sekitar perusahaan tambang yang memerlukan perbaikan, bisa ditingkatkan melalui dana CSR (tanggung jawab sosial perusahaan).

Pernyataan ini terungkap dalam acara temu tani Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, baru-baru ini. Menurut politisi Gerindra itu, perusahaan tambang perlu mendengar suara masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

"Kepada perusahaan tambang batu bara di sekitar lokasi pertanian untuk bisa memberikan manfaat kepada warga melalui CSR, seperti contoh di Jalan Kenanga sekitar lokasi acara ini masih ada jembatan yang terbuat dari kayu," kata Andi Harun dikutip dari Instagram @humassetdasamarinda, Minggu (7/8/2022).

Walikota miris melihat kondisi lingkungan Bantuas yang letaknya berbatasan langsung dengan Desa Batuah, Kabupaten Kukar tersebut dikelilingi tambang, dilewati Tol tapi Infrastruktur yang dinilai sangat memprihatinkan.

"Ya, saya tadi ketika ke sini melihat Kelurahan Bantuas ini jalannya sangat jelek, jembatan masih dari kayu, tapi dikelilingi tambang, tentunya hal ini kewajiban dari para CSR untuk bertanggung jawab untuk lingkungan sekitarnya," terang Andi Harun.

Bekas WakilKetua DPRD Kaltim itu memeirntahkan Camat, dan Lurah se Kecamatan Palaran untuk mendata seluruh perusahaan yang berdiri di wilayah tersebut, apabila dirasa ilegal dan tidak memberi perhatian kepada warga dan pembangunan infrastruktur lingkungan sekitar, maka tak segan akan diberi tindakan.

"Saya tugaskan kepada Camat dan seluruh lurah agar selambat-lambatnya Minggu depan, data perusahaan di Kecamatan Palaran ini harus terkumpul. Nanti kita kroscek lebih lanjut, apabila dinilai menyeleweng, akan ditindak tegas," jelasnya.

Perbaikan sarana tersebut diketahui merupakan permintaan warga sekitar. Menurut Andi Harun, warga memelrukan akses perbaikan jalan tani serta gudang penyimpanan hasil karet. Selain mengingatkan perusahaan untuk berkontribusi, pemerintah daerah, juga langsung menginstruksikan dinas terkait mengukur panjang jalan. Pemerintah juga akan menyiapkan lahan untuk gudang sehingga bila perencanaannya sudah ada Pemkot segera membangun.

Dalam acara Pemkot Samarinda menyerahkan bantuan sarana produksi petani. Menurut Andi Harun bantuan – bantuan seperti ini akan terus dianggarkan melalui APBD setiap tahunnya dengan tujuan untuk memenuhi ketahanan pangan Kota Samarinda. ###