Ekonomi

Wamenkeu Sebut Skema KPBU dalam Pembangunan IKN Sudah Berjalan

  • Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebutkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pendanaan pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah berjalan.
Ekonomi
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM–Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebutkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pendanaan pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah berjalan.

Hal itu disampaikannya pada beberapa waktu lalu ketika mengunjungi lokasi pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Ia bermaksud untuk melihat langsung proses pembangunan yang tengah berlangsung.

Suahasil menyampaikan skema KPBU tersebut diwujudkan dalam beberapa paket investasi yang sudah masuk sampai saat ini dan tengah dalam proses awal.

“KPBU telah jalan beberapa unit investasi, termasuk rumah-rumah hunian itu telah dijalankan dengan KPBU,” ucapnya baru-baru ini.

Dia menambahkan, hal ini menjadi contoh bahwa pemerintah Indonesia bisa membangun dengan menggunakan skema public-private partnership.

Ia memerincikan, peran public dalam skema tersebut berupa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara itu, sektor private melalui peran swasta dalam hal investasi.

“Sudah mulai ada minat. Ini menunjukkan bahwa pihak swasta memiliki minat yang baik untuk ikut bersama-sama dengan pemerintah membangun beberapa unit-unit investasi,” sebutnya.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga mengatakan, untuk investasi asing sudah ada Korea Selatan yang akan membangun sektor hunian. “Dari Korea untuk hunian ASN (Aparatur Sipil Negara). Kemudian juga dari dalam negeri, investor lokal ada dua,” katanya.

Danis enggan menyebutkan nilai investasi yang telah masuk. Sebab, nilai tersebut pun juga belum final.  “Saya kira masih dalam proses di Otorita IKN,” pungkasnya.