Wapres RI Sebut Santri Memiliki Peran Strategis di Indonesia
Kabar Ibu Kota

Wapres RI Sebut Santri Memiliki Peran Strategis di Indonesia

  • IBUKOTAKINI.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, pada ha
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, pada hari Selasa (24/10/2023).

Kunker Wakil Presiden RI dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023, sekaligus meresmikan Silaturrahim Nasional ke VII Kontak Santri Agrobisnis Indonesia (Silatnas Konsain), yang ditandai dengan pemukulan bedug. 

Wakil Presiden RI menyaksikan DPP Kontak Santri Agrobisnis Indonesia menandatangani kerjasama dengan asosiasi petani kelapa sawit.

Ma'ruf Amin mengatakan peran santri ini harus lebih optimal lagi, karena santri di Indonesia mempunyai peran strategis, peran penting. Santri itu bukan hanya menjadi orang baik tetapi menjadi orang yang melakukan perbaikan,seperti agamanya, kemasyarakatan, pendidikan, ekonomi , sosialnya.

 "Santri itu tidak boleh bergeser dari nawaitunya, tetap nawaitunya adalah perbaikan bukan kekuasaan," jelasnya saat memberikan sambutan.

BACA JUGA:

Disamping itu, santri itu bisa menjaga tanah air. Para santri maupun ulama itu tidak takut mati dalam membela negara. "Dengan menjaga tanah air agama bisa terjaga, terlindungi. Akal bisa terlindungi, keturunan bisa terlindungi," terangnya.

Begitu juga, Santri itu harus bisa memakmurkan bumi. Kuncinya untuk bisa terjadi kemakmuran adalah ilmu pengetahuan dan teknologi supaya bisa berkembang.

"Alhamdulillah para santri tidak pernah tinggal diam tapi akan memakmurkan bumi, seperti saat ini (Silatnas Konsain)," ungkapnya.

Ia berharap Silatnas Konsain akan membawa keberkahan, kemanfaatan. Program ini dapat terus dikembangkan dengan kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai unsur baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dunia usaha dan dunia masyarakat.

"Tadi pak Gubernur sudah mau mengulurkan tangan untuk bekerja sama dengan Konsain untuk mengembangkan potensi ekonomi di daerah ini. Semoga ini menjadi bagian dari langkah Indonesia menjadi negara yang mampu, maju, sejahtera," 

Sementara itu, Ketua Umum DPP Konsain M Ali Cholil menyampaikan Silatnas Konsain digelar setiap tahun dibulan Oktober. Kegiatan ini membawa dua semangat kebangsaan yakni semangat Hari Santri Nasional dan semangat Sumpah Pemuda.

Diharapkan Silatnas dapat mempererat silaturahmi antar anggota-nya dan menghasilkan pemikiran yang positif untuk membangkitkan perekonomian.