Warga Balikpapan Utara Deklarasi Pemilu Damai
Kabar Ibu Kota

Warga Balikpapan Utara Deklarasi Pemilu Damai

  • BALIKPAPAN - Mendekati hari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Pemerintah Kota Balikpapan telah melaksanakan Deklarasi Damai yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Mendekati hari pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Pemerintah Kota Balikpapan telah melaksanakan Deklarasi Damai yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. 

Deklarasi damai pemilu kemudian dilanjutkan di tingkat Kecamatan. Pada Sabtu 20 Januari 2024, Kecamatan Balikpapan Utara bersama warga menggelar deklarasi damai di Kampung Pancasila, Kelurahan Graha Indah. 

Hadir Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Sekretariat Kota Balikpapan, Zulkipli mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, dan perwakilan Partai Politik. Deklarasi damai pemilu dimulai dengan pembacaan komitmen dan penandatanganan komitmen yang melibatkan partai politik. 

Di kesempatan itu, Pemerintah Kota memberi apresiasi atas kegiatan deklarasi pemilu damai se Balikpapan Utara tersebut. Di mana pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa.

BACA JUGA:

Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri.

“Pemilu damai sebuah kerja sama besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu,” ucapnya membacakan sambutan wali kota.

Deklarasi damai ini merupakan komitmen bersama untuk menjaga suasana damai selama proses pemilihan berlangsung.

“Saya berharap agar pemilu tahun 2024 berjalan dengan aman tertib, dan tanpa konflik,” tekan Zulkipli.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilu Damai Balikpapan Utara Wiwik Handayani mengatakan, tujuan kegiatan ini ajakan untuk memasuki pemilu dan pencoblosan tidak ada ujaran kebencian, sehingga diajang bersama-sama mendeklarasikan pemilu damai dan aman

“Semua perwakilan parpol pemilu kami undang dan mereka siap mendukung deklarasi damai ini,” pungkasnya. (*)