Ilustrasi
Tekno

WhatsApp Tambah Fitur untuk Kontrol Undangan Grup

  • WhatsApp kini menambah fitur untuk mengontrol pengguna menerima undangan grup.

Tekno
Admin

Admin

Author

JAKARTA—Pernah mendapati nomor WhatsApp Anda tiba-tiba masuk ke dalam grup yang tak Anda kenal anggotanya? Jika pernah, WhatsApp kini menambah fitur untuk mengontrol pengguna menerima undangan grup.

Fitur ini memberikan kendali penuh bagi pengguna siapa yang bisa mengundangnya masuk ke dalam grup. Selama ini, sepanjang pengundang memiliki nomor, maka siapapun bisa diundang masuk ke dalam grup.

Direktur Kebijakan APAC WhatsApp Claire Deevy mengatakan bahwa fitur ini tersedia untuk membantu menangkan peredaran misinformasi dengan mengontrol siapa yang boleh mengundang pengguna ke grup. Nantinya, pengguna yang diundang bebas memilih, apakah ingin menerima atau mengabaikannya. Pengguna yang diundang diberi waktu selama tiga hari untuk memutuskan apakah ingin masuk grup tersebut atau tidak.

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik menu Setting atau Pengaturan lalu pilih Accounts atau Akun dan kemudian pilih Privacy atau Privasi. WhatsApp menyediakan tiga opsi yang bisa dipilih, yakni Everyone atau Semua Orang, My Contacts atau Kontak Saya, dan My Contacts Except atau Kontak Saya Kecuali.

Apabila memilih Everyone maka semua orang dapat memasukkan pengguna ke dalam grup. Sementara apabila memilih opsi My Contacts penambahan grup hanya bisa dilakukan oleh mereka yang terdaftar dalam kontak. Adapun, untuk pilihan My Contacts Except, semua kontak yang ada di pengguna dapat memasukkan ke dalam grup kecuali pada orang-orang tertentu yang sudah dipilih.