Wujudkan Personal Branding, Berikut 5 Langkah Strategisnya
UMKM

Wujudkan Personal Branding, Berikut 5 Langkah Strategisnya

  • IBUKOTAKINI.COM - Personal branding adalah bagaimana Anda ingin orang lain melihat Anda. Untuk mewujudkan personal branding seperti yang And
UMKM
Redaksi

Redaksi

Author

JAKARTA, IBUKOTAKINI.COM - Personal branding adalah bagaimana Anda ingin orang lain melihat Anda. Untuk mewujudkan personal branding seperti yang Anda mau, Anda perlu melakukan langkah-langkah strategis.

Dilansir dari Tren Asia, jejaring media ibukotakini.com merangkum 5 langkah strategis dalam membangun personal branding agar Anda semakin dikenal dan semakin dekat dengan kesuksesan.

1. Pahami Nilai-Nilai Anda

Memahami apa nilai-nilai yang Anda yakini dan Anda pegang dapat menjadi pondasi awal untuk melakukan personal branding.

Identifikasi tujuan dan nilai yang Anda miliki sekarang dan bandingkan dengan tujuan dan nilai ideal yang sebaiknya Anda miliki untuk mencapai suatu posisi dalam karier impian Anda.

Selanjutnya tulis sifat dan perilaku yang perlu Anda kemabngkan untuk mengisi gap tersebut.

BACA JUGA:

2. Bangun Profil LinkedIn Anda

LinkedIn adalah plaform pertama yang akan dikunjungi oleh perekrut, pemberi kerja, atau siapapun itu target audiens Anda. LinkedIn menjadi wajah Anda di dunia bisnis.

Jadi, pastikan untuk membangun profil LinkedIn Anda dengan baik. Manfaatkan fitur LinkedIn sebaik-baiknya agar Anda semakin dikenal dan semakin mendapat banyak kesempatan.

3. Pertimbangkan untuk Membuat Situs Web Pribadi

Melansir dari laman website New York Times pada Minggu, 4 Juni 2023, sebuah survei pemberi kerja tahun 2020 yang dilakukan oleh The Manifest menemukan fakta bahwa 98% pemberi kerja meneliti kandidat secara online, dengan 80% HRD yang mengatakan bahwa situs web pribadi menjadi pertimbangan dalam evaluasi mereka.

4. Buat Diri Anda Terlihat Secara Online

Cara lain untuk membangun personal branding Anda adalah dengan hadir dan terus meningkatkan kehadiran secara online.

Bagikan informasi yang relevan dengan bidang dan posisi Anda di sosial media. Jika memungkinkan, jadilah kontributor pada situs-situs seperti Medium.

5. Tunjukkan Diri Anda yang Sebenarnya

Gary Vaynerchuck, seorang pakar personal branding dan entrepreneur terkenal mengatakan kepada New York Times "Anda tidak bisa memiliki kepribadian ganda untuk bisnis, keluarga, dan lainnya. Anda adalah diri Anda sekarang di dunia ini".

Pernyataan tersebut sampai pada kesimpulan bahwa personal branding dapat memberikan gambaran kepada pemberi kerja tentang siapa Anda dan nilai apa yang Anda tawarkan. Mengembangkan personal branding juga dapat menjadi cara terbaik untuk membedakan diri Anda dari kandidat yang lain.

Sadarlah bahwa Anda tidak akan bisa cocok dengan semua perusahaan dan begitupun sebaliknya, tidak semua perusahaan akan cocok dengan Anda. ###