Wujudkan UMKM Naik Kelas, Gebyar UMKM Digelar Selama 5 Hari
Advertorial

Wujudkan UMKM Naik Kelas, Gebyar UMKM Digelar Selama 5 Hari

  • IBUKOTAKINI.COM – Puluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Balikpapan mengikuti Gebyar UMKM yang digelar Dinas Koperasi UMKM dan Perindus
Advertorial
mala

mala

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Balikpapan mengikuti Gebyar UMKM yang digelar Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Balikpapan. 

Gebyar UMKM yang berlangsung di E-Walk Balikpapan Superblock dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Andi Muhammad Yusri Ramli, perwakilan DPRD Balikpapan Ali Munsyir Halim pada Selasa, (8/8/2023) malam. 

Pembukaan Gebyar UMKM juga disaksikan Ketua Tim Penggerak PKK Balikpapan, Hj Nurlena Mas’ud, bersama pengurus PKK lainnya Yulianti Abdulloh, Masitah, serta Kepala DKUMKMP Balikpapan Heruressandy dan Ketua Iwapi Balikpapan Yuli Shinta.

Dalam pembukaan, Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini. Dan diharapkan dapat menumbuhkembangkan serta pendorong para pelaku usaha UMKM di Kota Balikpapan.  

“Saya berharap ke depannya dalam menghadapi berbagai tantangan, UMKM kita mampu berdiri dengan kuat dan menjadi tumpuan perekonomian daerah dan nasional yang berkelanjutan,” ungkap Asisten II Yusri Ramli membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

BACA JUGA:

Sejalan dengan itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat agar lebih mencintai produk UMKM dan produk lokal sebagai bentuk dukungan agar UMKM bisa menghadapi persaingan. 

“Saya optimis ini bisa diwujudkan karena selama ini sebenarnya banyak sekali produk-produk bermerek internasional yang merupakan hasil produksi masyarakat lokal, artinya secara kualitas produk lokal tidak kalah hanya belum optimal dalam hal pemasaran dan branding,” tandasnya.  

Wujudkan UMKM Naik Kelas, Gebyar UMKM Digelar Selama 5 Hari

Untuk itu acara seperti gebyar UMKM hari ini perlu untuk terus diselenggarakan secara rutin sebagai bentuk pembinaan kita terhadap UMKM, sekaligus menjadi daya tarik wisata untuk berkunjung ke kota Balikpapan beranda Ibukota negara.

Dalam kesempatan itu, Kepala DKUMKMP Balikpapan Heruressandy mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mewujudkan UMKM naik kelas dan berdaya saing, menjalin kolaborasi dan mempromosikan produk UMKM. 

“Gebyar UMKM dibiayai oleh APBD Kota Balikpapan dalam memfasilitasi pembinaan UMKM,” ucapnya.   

Gebyar UMKM bertema UMKM Kuat Bangsa Berdaulat ini berlangsung mulai 8-12 Agustus 2023. Adapun pesertanya sebanyak 24 UMKM yang terdiri produk unggulan di antaranya komoditi olahan pangan dan kerajinan. 

“Gebyar UMKM akan berlangsung dua kali. Yang pertama pada bulan ini dan kedua akan berlangsung November 2023 mendatang,” tambahnya.  

Dalam pembukaan Ketua TP PKK bersama pengurus, dan Asisten II mengunjungi stan UMKM sekaligus memberikan semangat dengan berbelanja produk unggulan yang ada. (*)