#YukExplore UMKM Indonesia kali ini diadakan YDBA secara virtual di wilayah Bontang dan Paser, Kalimantan Timur dengan tema “Wujudkan Sustainability UMKM melalui Community Development” pada Selasa 29 Maret 2022
Kabar Ibu Kota

YDBA Gelar #YukExplore UMKM Indonesia

  • IBUKOTAKINI.COM – Untuk mengenal lebih dalam dan mengetahui keberlanjutan usaha UMKM Indonesia, khususnya  binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA),  
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Untuk mengenal lebih dalam dan mengetahui keberlanjutan usaha UMKM Indonesia, khususnya  binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA),  YDBA menyelenggarakan kegiatan  #YukExplore UMKM Indonesia. 

#YukExplore UMKM Indonesia kali ini diadakan YDBA secara virtual di wilayah Bontang dan Paser, Kalimantan Timur dengan tema “Wujudkan Sustainability UMKM melalui Community Development” pada Selasa 29 Maret 2022.

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Pengurus YDBA, Ida R. M. Sigalingging; Bendahara Pengurus YDBA,  Handoko Pranoto; CSR Departement Head PT Pamapersada Nusantara, Maidi Irvan; Koordinator Lembaga  Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Bessai Berinta Bontang, Suryo Aji, Koordinator LPB Pama Daya Taka  Paser, Atmaji Priyo Hutomo serta tim YDBA di beberapa wilayah dan para pewarta yang hadir secara  virtual.  

Dalam #YukExplore ini, para peserta berkesempatan untuk mengunjungi UMKM Kuliner 2Nay binaan LPB Pama Bessai Berinta dan UMKM Perikanan Syufuan Hadi binaan LPB Pama Daya Taka. Keduanya berbagi  cerita mengenai bisnis yang dijalankan dengan berbagai inovasi yang menjadikan usahanya tetap eksis  dan berkembang hingga kini.  

Sekretaris Pengurus YDBA dalam sambutan acara menyampaikan harapan diselenggarakannya kegiatan  ini. Ida berharap kegiatan #YukExplore UMKM Indonesia ini dapat memberikan gambaran mengenai  inovasi bisnis yang dijalankan UMKM saat ini sekaligus dapat menambah wawasan bagaimana para pihak  dapat saling berkolaborasi bersama untuk mengembangkan UMKM Indonesia.  

Sebagai informasi, dalam mengembangkan UMKM di wilayah Bontang dan Paser KalimantanTimur, YDBA berkolaborasi bersama PT Pamapersada Nusantara mendirikan LPB Pama Bessai Berinta Bontang pada tahun 2015 dan LPB Pama Daya Taka pada tahun 2013. LPB didirikan untuk mendukung UMKM agar mandiri dan berkelanjutan melalui berbagai program pembinaan, antara lain pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan fasilitasi pembiayaan. 

Maidi Irvan dalam kesempatan ini juga menyampaikan, bahwa kolaborasi pendirian LPB bersama YDBA diharapkan dapat meningkatkan kompetensi UMKM agar mandiri dan ilmu yang diberikan selama  pembinaan dapat ditularkan kepada UMKM lainnya. Maidi juga berharap kehadiran LPB dapat menjadi  teman dan pendamping bagi UMKM Indonesia, khususnya yang berada di sekitar area kerja PT  Pamapersada Nusantara.