Ilustrasi
Tekno

YouTube Music Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

  • Google resmi meluncurkan layanan streaming YouTube Music yang akan menghadirkan konten musik mengingat potensi yang cukup potensial di sektor ini.

Tekno
Admin

Admin

Author

BALIKPAPAN—Google resmi meluncurkan layanan streaming YouTube Music yang akan menghadirkan konten musik mengingat potensi yang cukup potensial di sektor ini.

Pengguna dapat memutar video klip lagu yang diputar di dalam YouTube Music. Selain itu, pengguna juga diberikan rekomendasi lagu yang sering diputar di akun YouTube nya.

Google menghadirkan Google Smart Search yang dapat membantu pengguna mencari konten musik dengan kata kunci apapun dalam aplikasi tersebut. Misalnya, pengguna tidak mengetahui judul lagu yang ingin ia dengarkan tetapi hanya mengingat liriknya maka dapat langsung mengetik liriknya.

“Kami menggunakan Google Smart Search untuk menelusuri dan memahami apa yang ingin pengguna cari,” kata Product Manager YouTube Music Brandon Bilinski.

Sebelum masuk ke Indonesia, layanan Youtube Music ini sudah terlebih dahulu ada di beberapa negara yang dipilih Google. Pengguna dapat menikmati layanan ini secara gratis dengan diselingi iklan. Apabila tidak menginginkan distraksi iklan, pengguna dapat membayar biaya langganan.

Google mematok biaya langganan YouTube Music Premium senilai Rp49.000 per bulan. Selain tidak terganggu oleh iklan, YouTube Music Premium juga akan memberikan fitur unduh lagu yang membuat lagu dapat diputar secara offline.

Pengguna sudah dapat mengunduh YouTube Music mulai hariini. Ibukotakini yang menjajal mengunduh aplikasi ini mencoba mengaktifkan fitur premium dan mendapatkan penawaran tiga bulan gratis dengan terlebih dahulu membayar untuk satu bulan di muka yang dapat dihentikan kapanpun.

YouTube Music juga menawarkan layanan premium untuk jenis Family dengan biaya langganan Rp75.000 per bulan. Dengan layanan jenis ini, pengguna dapat menambah 5 akun anggota keluarga berumur 13 tahun ke atas dalam satu langganan saja.

Sayangnya, review aplikasi di Google Play Store untuk YouTube Music masih banyak yang negatif. Ada yang komplain dari kualitas musik hingga keragamannya. Namun, ada juga komentar yang menilai aplikasi ini mudah untuk digunakan.

Untuk Anda, silakan mencoba.