Zainal Arifin Dorong Perkembangan UMKM melalui Kolaborasi Lokal
Penajam

Zainal Arifin Dorong Perkembangan UMKM melalui Kolaborasi Lokal

  • Acara Malam Pentas Seni dan UMKM ini menjadi salah satu platform yang efektif untuk memperkenalkan produk UMKM PPU ke masyarakat luas.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Zainal Arifin, terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten PPU. 

Hal ini disampaikan Zainal saat menghadiri acara Malam Pentas Seni dan UMKM yang rutin digelar setiap Sabtu malam di Taman Penyembolun, Nipah-nipah, di depan Kantor Bupati PPU.

"UMKM kita di kabupaten PPU harus semakin maju dan berkembang," ungkap Zainal Arifin pada Sabtu malam (12/10/2024). Kegiatan yang diadakan rutin ini tidak hanya menampilkan berbagai seni budaya lokal, tetapi juga menjadi ajang promosi bagi produk-produk UMKM setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, Tita Deritayati, juga memberikan keterangan mengenai perkembangan UMKM di wilayah pedesaan. Ia menyoroti semakin kuatnya jaringan kolaborasi antar pelaku UMKM, terutama dalam menghadapi pesanan dari proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Potensi UMKM di desa-desa sudah mulai berkembang. Beberapa sudah membentuk jaringan yang kuat, seperti perusahaan lokal dari Desa Bangun Mulya yang menjadi penggerak kolaborasi antar UMKM," jelas Tita.

BACA JUGA:

Tita juga menambahkan, salah satu kolaborasi yang sedang berjalan adalah antara pengusaha lokal yang bergerak di bidang batik dan produk makanan. Dengan jaringan yang terorganisir, UMKM di PPU mampu memenuhi pesanan dalam jumlah besar, yang sebagian besar datang dari proyek IKN. Kolaborasi ini membantu meningkatkan daya saing produk lokal, baik dalam produksi, pemasaran, maupun kemasan.

Acara Malam Pentas Seni dan UMKM ini menjadi salah satu platform yang efektif untuk memperkenalkan produk UMKM PPU ke masyarakat luas. 

“Harapannya melalui dukungan dan kolaborasi yang terus ditingkatkan, UMKM di PPU dapat berkembang lebih pesat, terutama di tengah geliat pembangunan IKN yang membuka banyak peluang ekonomi,” harap Zainal Arifin. (Adv/Diskominfo PPU)