500 Unit RLH untuk Tiga Kabupaten Kota di Kaltim

Redaksi - Rabu, 27 Juli 2022 19:00 WIB - dilihat 107 kali
Gubernur Kaltim Isran Noor

IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 500 unit Rumah Layak Huni ditargetkan terbangun di tiga kabupaten dan kota di Kalimantan Timur. Program Rumah Layak Huni yang digelontorkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dikerjasamakan Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman sebagai upaya perbaikan kehidupan masyarakat yang dalam kondisi tidak memadai.

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menyebutkan Benua Etam hingga saat ini masih ada sekitar 6,3 persen jumlah warga masuk kategori miskin.

"Kemiskinan kita masih diangka 6,3 persen. Jumlah ini meningkat setelah dua tahun terdampak Covid-19," sebut Gubernur Isran Noor saat peletakan batu pertama Pembangunan Rumah Layak Huni di Kelurahan Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan, baru-baru ini.

Meski pun demikian lanjutnya, angka kemiskinan Kaltim masih jauh lebih baik jika dibanding angka kemiskinan secara nasional, rata-rata diangka 10,7 persen atau hampir 11 persen.

Karena kelayakan hidup (tempat tinggal/rumah) menjadi indikator dalam angka kemiskinan, maka Pemprov Kaltim telah melaksanakan Program Rumah Layak Huni (RLH).

"Selama ini, pemerintah pusat memberikan bantuan kepada masyarakat untuk rehab rumah sekitar 25 ribu unit sampai 2023. Dimana sekitar 5 ribu unit dibantu alokasi dana APBD Kaltim sebesar Rp25 juta per rumah. Padahal, di Kaltim ada sekitar 1.100 unit untuk rehab," bebernya.

Program RLH ini pun jelasnya, tidak berdiri sendiri (dana APBD/APBN), tapi melibatkan pihak swasta (perusahaan) melalui dana corporate social responsibility (CSR).

"Program ini tidak rehab, beda ya. Tapi, RLH ini rumah dibongkar habis dan bangun baru, kalau totality se Kaltim ini hingga pedalaman dan daerah terpencil ada sekitar 35 ribu rumah. Ini target masuk program RLH kita," ungkap mantan Bupati Kutai Timur ini.

Target ini bisa terwujud, ujarnya, mengingat dana CSR yang terkumpul dari perusahaan-perusahaan di Kaltim setiap tahunnya tidak kurang dari Rp500 miliar.

Untuk tahap awal yang dikerjasamakan dan dibangun Kodam VI Mulawarman sebanyak 500 unit untuk tiga daerah (Balikpapan, Samarinda dan Bontang) dengan nilai Rp115 juta per unit.

Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo mengemukakan kerja sama Program RLH diawali penandatanganan MoU antara Gubernur Kaltim dengan Pangdam VI Mulawarman pada April lalu.

"Saya bersama Bapak Gubernur mengajak seluruh perusahaan yang telah berkomitmen untuk menyalurkan dana CSR-nya, sehingga target 500 rumah layak huni bisa segera terwujud dan dirasakan masyarakat kita manfaatnya," ajaknya.

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS