Animo BKT Tinggi, Pemprov Kaltim Kembali Buka Pendaftaran

Redaksi - Selasa, 22 Maret 2022 12:27 WIB
Animo BKT Tinggi, Pemprov Kaltim Kembali Buka Pendaftaran

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun ini kembali mengalokasi anggaran Beasiswa Kalimantan Timur (BKT). Mengingat animo masyrakat untuk mendaftar BKT setiap tahun sangat tinggi.

Tahun 2022, Pemprov mengalokasikan sebesar setiap tahun Rp156,4 miliar dalam APBD murni 2022. Pendaftaran mulai dibuka sampai 21 Mei mendatang.

"Manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Jangan disia-siakan. Kesempatan tidak datang dua kali. Karena itu, sekali ada kesempatan manfaatkan dengan baik," pesan Sekretaris Dinas Pendidikan Kaltim Hj Sofia Rahmi saat mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kaltim membuka secara resmi dimulainya pendaftaran Beasiswa Kalimantan Timur Tahun 2022 di Ruang Kersik Luway Dinas Pendidikan Kaltim, Selasa (22/3/2022).

Ketua Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur (BP-BKT) Iman Hidayat mengungkapkan tahun ini Pemprov Kaltim sudah mengalokasikan Rp156,4 miliar dalam APBD murni 2022 untuk beasiswa Kaltim.

"Anggaran yang diperlukan seluruhnya sudah dialokasikan dalam APBD Murni 2022," ungkap Iman Hidayat.

"Ini kebijakan Pak Gubernur agar di APBD murni disiapkan dengan jumlah yang besar," imbuhnya.

Sementara mengenai berapa target penerima beasiswa, Iman Hidayat menjelaskan pihaknya tidak bisa menetapkan. Sebab tim verifikasi dan validasi masih akan menghitung penerima beasiswa disesuaikan dengan besaran uang kuliah tunggal (UKT/SPP) masing-masing calon penerima beasiswa.

Iman mengingatkan agar para pelajar dan mahasiswa lebih teliti dan jeli membaca petunjuk teknis (juknis) pendaftaran beasiswa Kaltim ini. Sebab banyak calon pendaftar gagal, akibat kurang cermat saat mengisi dan melengkapi form pendaftaran secara online.

Pendaftaran dan seluruh juknis bisa diakses melalui website BP-BKT yakni, www.beasiswa.kaltimprov.go.id.

"Pahami dulu juknisnya. Jangan salah memilih kategori dan sesuaikan dengan kemampuan," pesan Iman Hidayat.

Komitmen Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wagub H Hadi Mulyadi untuk dunia pendidikan memang tidak diragukan lagi. Terbukti, meski menghadapi serangan hebat pandemi Covid-19, alokasi untuk beasiswa Kaltim masih cukup besar.

Tercatat pada 2019 beasiswa Kaltim disalurkan sebanyak Rp 168,5 miliar. Tahun 2020 sebesar Rp 165,2 miliar dan tahun 2021 sebanyak Rp 163,1 miliar. Jumlah alokasi beasiswa Kaltim tahun ini masih akan bertambah jika ada penambahan dalam APBD perubahan. Beasiswa disiapkan dalam bentuk beasiswa stimulan dan tuntas.

Hadir dalam pembukaan program beasiswa Kaltim 2022, Anggota BP-BKT Suwarno dan Syafruddin Pernyata

Editor: Ferry

RELATED NEWS