Apindo Kaltim Gelar Lomba Menulis Berhadiah Jutaan Rupiah

Redaksi - Sabtu, 06 Agustus 2022 21:00 WIB
null

IBUKOTAKINI.COM - Bagi kalangan jurnalis di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur, terbuka peluang untuk berkreasi unjuk kebolehan dalam ajang “Lomba Karya Tulis Jurnalistik Apindo Kaltim Award 2022”.

Lomba yang digelar untuk menyemarakkan Hut ke-70 Tahun Apindo dan Hut ke-77 Tahun Republik Indonesia ini, juga terkait dengan agenda pembangunan ibu kota (IKN) Nusantara.

Ketua DPP Apindo Kaltim, M. Slamet Brotosiswoyo mengatakan, lomba karya tulis jurnalistik ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Apindo Kaltim bagi jurnalis atau wartawan media massa cetak, elektronik dan online di Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.

“Lomba ini bentuk apresiasi Apindo yang menghargai hubungan baik dan peran jurnalis yang sangat besar dalam perkembangan dan perjalanan Apindo, khususnya di Kaltim,” ujar Slamet.

Ia mengungkapkan, Apindo selama kurun waktu 70 tahun telah memberi kontribusi nyata bagi pembangunan di Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Timur. Dalam kurun waktu itu, APINDO tidak hanya berperan besar dalam membangun harmonisnya hubungan industrial, tapi juga di sektor investasi, infrastruktur hingga pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Selama 70 tahun kiprah Apindo di tanah air termasuk di Kaltim, organisasi ini mengalami pasang surut dan terus berkembang hingga saat ini. Di Provinsi Kaltim, terang Slamet yang memimpin Apindo Kaltim sejak tahun 2009 atau periode ke-3 saat ini, juga menjalani perkembangan pesat.

Selama tiga periode memimpin organisasi Apindo Kaltim, situasi kondusif hubungan industrial di Kaltim terjaga dengan baik. “Ini yang membuat Kaltim berbeda dibandingkan dengan provinsi lain. Bisa jadi, fakta itu yang menjadi salah satu pendorong mengapa Kaltim ditunjuk pemerintah jadi ibukota Negara (IKN),” tegasnya.

BANYAK HADIAH

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Apindo Kaltim Award 2022, Drs Rudi Rahmadi mengatakan, lomba karya tulis jurnalistik menyiapkan hadiah jutaan rupiah untuk pemenang.

“Kami bekerjasama dengan Ketua PWI Balikpapan dan Ketua AMSI Kaltim, Mas Sumarsono dalam kegiatan lomba dan sosialisasi informasi lomba karya tulis ini ke kalangan jurnalis,” ujarnya.

Target peserta terang dia, adalah semua Jurnalis (wartawan) media massa cetak, elektronik dan online di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan tema “Peran Apindo Kaltim dalam Mengawal Kontribusi Dunia Usaha dalam Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)”.

Adapun kriteria lomba antaralain, tulisan atau artikel hasil karya sendiri (bukan hasil saduran) dan belum pernah dimuat di media manapun sebelumnya. Tulisan ada kesesuaian dengan tema dan menyebutkan peran Apindo dalam pembangunan IKN Nusantara. Tulisan atau artikel dimuat di media cetak atau media online mulai tanggal 1 Agustus hingga 18 Agustus 2022.

Tulisan juga harus mengikuti kaidah jurnalistik dan tata bahasa yang benar. Tulisan juga harus berdasarkan wawancara narasumber yang berkompeten dan pengamatan lapangan. “Peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 tulisan atau artikel dan keputusan tim juri mutlak, tidak bisa diganggu gugat,” ujarnya.

Dewan juri lomba karya tulis ini dipilih jurnalis senior di Kaltim. Seperti, HM. Rizal Effendi, SE (mantan Pemimpin Redaksi Harian Kaltim Post), Sumarsono, SE (Pemred Harian Tribun Kaltim / Ketua PWI Balikpapan dan Ketua AMSI Kaltim), Drs. Rudi Rahmadi (mantan Redaktur Pelaksana Harian Balikpapan Pos / Humas Apindo Kaltim)

TIGA KEGIATAN

Di kesempatan yang sama, Koordinator Tim Panitia Event APINDO Kaltim AWARD 2022, Drs Rudi Rahmadi mengungkapkan, event akbar ini digelar dalam tiga bentuk kegiatan. Yakni, Lomba Karya Jurnalistik, Anugerah Award Mitra Apindo Kaltim dan pucak acara seminar terkait pembangunan IKN.

Untuk lomba karya jurnalistik, target peserta adalah semua Jurnalis (wartawan) media massa cetak, elektronik dan online di Provinsi Kalimantan Timur. Lomba yang mengusung tema “ Peran Apindo Kaltim dalam Mengawal Kontribusi Dunia Usaha dalam Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)” ini, digelar tanggal 1 – 20 Agustus 2022, dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Sementara penghargaan atau award untuk mitra Apindo Kaltim, rencananya diberikan untuk tiga katagori. Yakni, katagori perusahaan, tokoh (perorangan) dan organisasi atau lembaga. “Saat ini, tim panitia bersama Apindo Kaltim masih mendata perusahaan, tokoh dan organisasi apa saja yang akan diberikan anugerah Award oleh Apindo Kaltim,” paparnya.

Sedangkan seminar yang diagendakan menjadi puncak acara, akan mengambil tema “Mengawal Pembangunan IKN, Dilema Dunia Usaha, Antara Jadi Penonton atau Tuan di Rumah Sendiri”

Narasumber seminar, antararalain Kepala Badan Otorita IKN, Gubernur Kaltim, Rektor Universitas Mulawarman dan Ketua DPP APINDO Kaltim, moderator HM. Rizal Effendi, SE.

Rudi menambahkan, tujuan Apindo Kaltim Award 2022 ini, selain memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat umum tentang keberadaan DPP APINDO Kaltim, juga meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang peran serta DPP APINDO Kaltim dalam pembangunan di Provinsi Kaltim. Juga engawal visi dan misi APINDO sebagai sebuah organisasi dunia usaha yang berkontribusi positif dalam harmonisnya hubungan industrial, termasuk apresiasi dan penghargaan kepada mitra APINDO, termasuk dari kalangan wartawan (jurnalis) media massa cetak dan elekronik, serta berperan dalam mengawal pembangunan IKN Nusantara. ###

Editor: Ferry
Tags lomba menulisBagikan

RELATED NEWS