Balikpapan dan Bontang Kota Terbersih di Asean

Ferry - Jumat, 22 Oktober 2021 19:55 WIB
Penghargaan sebagai kota paling bersih se-ASEAN itu diberikan pada 5th Enviromentally Sustainable Cities and The 4th Certificate Recognition

IBUKOTAKINI.COM – Di tengah Pandemi Covid-19, kabar baik datang dari Kota Balikpapan dan Bontang yang berhasil meraih penghargaan tingkat Asean.

Tahun ini, Kota Balikpapan mengulang suksesnya di tahun 2014 dengan meraih juara pada Enviromentally Sustainable Cities (ESC). Dan Kota Bontang meraih Certificate of Recognition - Clean Land kategori Small Cities atau kota kecil.

Penghargaan sebagai kota paling bersih se-ASEAN itu diberikan pada 5th Enviromentally Sustainable Cities and The 4th Certificate Recognition yang digelar di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta, Kamis (21/10/2021). Acara dihadiri oleh Sekjen ASEAN dan Menteri Lingkungan Hidup se-ASEAN.

"Kita ucapkan selamat kepada Kota Balikpapan. Untuk kedua kalinya sukses mewakili Indonesia menjadi yang terbaik sebagai kota paling bersih di ASEAN," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur H Encek Ahmad Rafidin Rizal usai mewakili Gubernur Kaltim pada acara tersebut, Kamis malam (21/10/2021).

“Kita ucapkan selamat juga kepada Kota Bontang. Bahwa Bontang juga berhasil meraih penghargaan yang luar biasa," imbuh Rizal.

Baca juga: https://ibukotakini.com/read/balikpapan-berhasil-meraih-penghargaan-asean-esc-2021

Dia mengimbau agar kota-kota lain di Kaltim termotivasi untuk meraih kesuksesan yang sama. Caranya tentu harus mampu menciptakan kota yang bersih, rapi, indah dan nyaman dengan dukungan penuh masyarakat dan regulasi yang konsisten dalam penerapannya.

Award ESC ini diterima oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Wali Kota Basri Rase. Penghargaan diserahkan langsung Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Wali Kota Rahmad Mas’ud menyampaikan terima kasih warga kota, Balikpapan sebagai perwakilan Indonesia dinobatkan sebagai kota ramah lingkungan di Asia Tenggara.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi kita bersama untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Editor: Ferry

RELATED NEWS