Balikpapan Masuk Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik 2022

Redaksi - Kamis, 23 Juni 2022 08:00 WIB
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud

IBUKOTAKINI.COM – Kota Balikpapan masuk dalam finalis Top Inovasi Pelayanan Publik 2022. Kompetisi tersebut diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PanRB) dalam ajang KIPP 2022.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menjelaskan inovasi yang dilakukan pemerintah kota melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Yaitu dalam hal pelayanan publik khususnya kependudukan.

“Inovasi pelayanan ini memudahkan masyarakat untuk mengurus segala kebutuhan. Terdapat sekitar 24 macam aplikasi yang disediakan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat, dalam hal pelayanan publik mengenai Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dengan inovasi yang dilaksanakan maka masyarakat cukup menggunakan aplikasi tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil.

“Masuk ke aplikasi sesuai dengan petunjuknya, semisal untuk mengurus KTP, pemutahiran KTP, Akte Kelahiran," terang Wali Kota usa melepas keberangkatan calon Jemaah haji asal Balikpapan pada Rabu, 22 Juni 2022.

Pelayanan publik Kependudukan dan Catatan Sipil ini dapat memberikan contoh pelayanan di Indonesia, bahwa bisa mengakses pelayanan secara langsung.

Pada seleksi finalis top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022, Wali Kota Balikpapan akan memberikan paparan dan wawancara. "Mungkin ini menjadi pertama di Indonesia, nanti saya akan persentasikan pada tanggal 11 Juli 2022," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Disdukcapil Balikpapan Hasbullah Helmi membenarkan jika hari ini melakukan audensi dengan Bapak Wali Kota Balikpapan, untuk menjelaskan rencana paparan dan wawancara yang akan di lakukan Wali Kota Balikpapan.

"Kami tadi sudah sampaikan semua materi-materi dan diterima oleh Bapak Walikota," ucapnya.

Bahan telah ditentukan dari Kementerian PANRB sebagai penyelenggara hanya saja tinggal memasukkan item-item yang akan diminta. "Seperti, apa latar belakang di bikin inovasi, masalahnya apa, solusinya apa, kemanfaatan, keberlajutannya bagaimana, sebelum dan sesudah inovasi bagaimana," sebutnya.

Inovasi yang disampaikan yakni Pantai Balikpapan artinya Pelayanan Terintegrasi Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil. "Pelayanan kami sudah full online dan terintegrasi. Sudah zamannya pelayanan di lakukan secara digital," serunya.

Ia mempunyai taget untuk bisa menjadi Juara satu sesuai dengan doa Wali Kota Balikpapan. Apalagi Disdukcapil hanya Pemerintah Kota Balikpapan yang masuk finalis top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022. "Mudah-mudahan doa Bapak Walikota Balikpapan terwujud. Pak Wali sangat mendukung sekali," tutupnya.(*)

Editor: Ferry

RELATED NEWS