Berhasil Jadi Finalis OPCC, Balikpapan Kembali Ikuti Kampanye Global "We Love Cities"

Redaksi - Sabtu, 11 Juni 2022 10:00 WIB - dilihat 374 kali
Balikpapan Kembali Ikuti Kampanye Global "We Love Cities"

IBUKOTAKINI.COM – Seiring dengan berhasilnya Kota Balikpapan menjadi finalis tingkat nasional One Planet City Challenge (OPCC) 2022. Kota Balikpapan dapat berpartisipasi atau mengikuti kampanye global ‘We Love Cities’ pada September 2022.

Keberhasilan meraih OPCC tersebut, Balikpapan bersaing dengan 24 kabupaten/kota yang mengikuti pelaporan aksi adaptasi tentang perencanaan, program, target, dan strategi untuk aksi mitigasi yang telah disubmit melalui platform CDP (Carbon Disclosure Project) ICLEI bersama Probolinggo dan Jakarta sebagai pemenang tingkat nasional.

ICLEI merupakan jaringan global yang menghubungkan kota-kota di seluruh dunia untuk membangun kota yang rendah emisi dan adaptif terhadap ancaman dampak perubahan iklim. ICLEI juga merupakan narahubung ke jejaring internasional seperti UCLG, GCOM, UNFCC, UN Habitat dan lainnya.

Dengan keberhasilan tersebut, kota yang dikenal dengan kebersihannya ini dapat mengikuti tahap selanjutnya. Kota Balikpapan bersama 2 finalis lainnya dapat berpartisipasi dalam Kampanye Global "We Love Cities".

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Nusyamsiarni DL menjelaskan bahwa kampanye We Love Cities adalah kampanye digital yang diinisiasi WWF untuk menggalang dukungan publik terhadap upaya pengurangan emisi CO2 yang dilakukan di kotanya masing-masing untuk menjadi kota yang berkelanjutan.

“Kampanye publik ini mengedepankan partisipasi para kota finalis OPCC sebagai kota yang terpilih karena komitmen, inisiatif dan ambisinya yang dinilai terdepan dalam upaya pengurangan emisi CO2,” jelasnya saat dikonfirmasi tim Humas Pemkot Balikpapan pada Selasa 7 Juni 2022.

Tahun ini, kampanye We Love Cities akan diikuti oleh 75 kota dari 32 negara untuk memperebutkan gelar 'The Most Lovable City' yang dipilih berdasarkan tingginya dukungan yang diberikan para publik di media sosial yang akan dilaksanakan pada bulan September 2022.

“Kegiatan kampanye We Love Cities merupakan suatu gerakan pemerintah dan masyarakat menyampaikan konten kegiatan apapun di manapun tempat tinggalnya dengan tidak lupa menuliskan hastag kotanya,” tambahnya.

Sebagai informasi, tahun 2015 lalu, Kota Balikpapan berhasil menempati urutan pertama dalam kampanye We Love Cities yang merupakan rangkaian dari inisiatif Earth Hour City Challenge (EHCC), dan berhak menyandang gelar ‘The Most Loveable City 2015’.

Terpilihnya kota Balikpapan setelah bersaing bersama 47 kota finalis EHCC di 17 negara. Hasil ini diperoleh dari pemilihan publik melalui website dan media sosial. Masyarakat dari seluruh dunia dapat memilih kota kesayangannya melalui beragam cara seperti mengklik tombol vote di website www.welovecities.org, mengirimkan tweet, mengunggah foto dan video melalui Instagram, maupun memberikan saran untuk perbaikan kota pilihan mereka.

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS