Bupati PPU Hamdam, Serahkan Bantuan Inflasi Bagi Pelaku Usaha Mikro

Redaksi - Minggu, 06 November 2022 20:00 WIB - dilihat 156 kali
ilustrasi bansos

IBUKOTAKINI.COM - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam menyerahkan bantuan kepada pelaku usaha mikro. Bantuan tersebut merupakan program bantalan sosial yang diluncurkan pemerintah pusat dalam meredam inflasi.

Hamdam mengatakan penyaluran bantuan terhadap usaha mikro ini harus tepat sasaran, sehingga masyarakat yang terdampak dapat merasakan bantuan ini.

“Tentunya ini tak lepas dari keberadaan Bank BRI sebagai penyalur dan sekaligus sebagai penggerak perekonomian Indonesia serta konsisten mengangkat peran sosial bagi masyarakat,” kata Hamdam dalam keterangan yang dikutip Minggu, 6 November 2022.

Hamdam menambahkan, di tengah lahirnya kebijakan pemerintah pusat yang telah resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), terdapat sejumlah persoalan baru. Yakni naiknya harga barang-barang lain.

Akibat kenaikan harga barang dirasakan kelompok masyarakat menengah ke bawah dan para pelaku usaha mikro.

BACA JUGA:

“Mereka yang paling merasakan dampak dari kenaikan inflasi dan harga BBM. Karena itu, dalam rangka penanganan dampak inflasi tersebut, diberikan bantuan,” ujarnya.

Hamdam mengutip Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 134/ PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun 2022.

Dia juga menekankan selain bantuan sosial langsung tunai dari pemerintah pusat ini, Pemerintah daerah juga diwajibkan menganggarkan program perlindungan sosial melalui belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

Sehingga melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustian dan Perdagangan (KUKMPerindag) Kabupaten PPU berupa bantuan inflasi pelaku usaha mikro (BIPUM) kepada 5.400 orang di empat kecamatan.

"Kepada dinas KUKMPerindag Kabupaten PPU dan Bank BRI Cabang Grogot di Penajam, agar merealisasikan penyaluran Bantuan Inflasi Pelaku Usaha Mikro (BIPUM) ini secara efektif dan efisien" pungkasnya. ###

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS