Bupati PPU Hamdam, Siapkan Lahan 2 Hektar untuk Etalase UMKM

Redaksi - Jumat, 11 November 2022 08:54 WIB - dilihat 346 kali
Ketua DPP Apindo Kaltim M. Slamet Brotosiswoyo menyerahkan mandat kepada Amrul Alam untuk menyusun kepengurusan DPK Apindo Kabupaten PPU. Foto: Humas Apindo Kaltim

IBUKOTAKINI.COM – Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam, menyiapkan lahan seluas 2 hektar untuk menampung seluruh produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah itu. Rencana itu disampaikan Direktur Utama Perumda Benuo Taka PPU, Amrul Alam, saat bertemu dengan pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim, Jumat, 10 November 2022.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Bupati PPU. Intinya, bupati menyiapkan lahan sekira 2 hektar, yang lokasinya dekat dengan rumah jabatan bupati. Lahan ini, akan digunakan untuk menampung semua produk UMKM Kaltim, khususnya di PPU,” kata Amrul Alam, saat bertemu dengan Ketua DPP Apindo Kaltim, Slamet Brotosiswoyo di sekretariat DPP Apindo Kaltim.

Kepengurusan Dewan Pimpinan Kabupaten Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPK Apindo) Penajam Paser Utara, menegaskan siap melakukan sinergi program dengan DPP Apindo Kaltim dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menyambut pembangunan ibu kota Negara (IKN) Nusantara.

Adapun lahan 2 hektare yang disiapkan untuk menampung pelaku UMKM Kaltim, terang dia, nantinya akan diisi dengan stand-stand berjualan pelaku UMKM, yang dibangun semi permanen. Dengan hadirnya produk UMKM lokal ini, mulai makanan, minuman hingga kerajinan khas daerah, diharapkan menjadi daya tarik saat IKN Nusantara mulai dibangun di kawasan PPU.

BACA JUGA:

“Jadi, siapapun warga luar yang datang ke PPU, mereka siap disambut dengan beragam produk UMKM Kaltim khusususnya dari warga lokal di PPU,” ujarnya.

“Alhadulillah, Bupati PPU menyambut baik program yang kami tawarkan. Tentu, untuk pemberdayaan pelaku UMKM ini, kami berharap ada sinergi program dengan Apindo Kaltim dan Iwapi Kaltim, yang kami tahu sudah bekerjasama untuk pemberdayaan pelaku UMKM ini,” ujar Chepy – sapaan akrab Amrul Alam.

Amrul Alam yang menerima mandat karateker pembentukan DPK Apindo Kabupaten PPU mengungkapkan, pihaknya langsung bergerak cepat saat dipercaya memimpin Perumda Benuo Taka PPU dan mandat menyusun kepengurusan DPK Apindo Kabupaten PPU.

“Kami menyiapkan sejumlah program dan terobosan. Intinya, kami tidak ingin tertinggal dan tidak mau jadi penonton saat pembangunan IKN Nusantara dimulai di PPU,” ujarnya.

BACA JUGA:

Karena itu, selain menyiapkan program sertifikasi dan pelatihan bekerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA) untuk warga PPU, pihaknya juga melakukan sejumlah terobosan terkait keterlibatan masyarakat PPU dalam pembangunan IKN Nusantara. Misalnya, melalui program pemberdayaan pelaku UMKM dan di sektor transportasi local yang melibatkan masyarakat PPU.

Ketua DPP Apindo Kaltim M. Slamet Brotosiswoyo menyambut positif sejumlah terobosan ini. Menurut Slamet, Kabupaten PPU memiliki potensi besar saat IKN Nusantara dibangun. Termasuk, peluang menggandeng puluhan perusahaan yang ada di PPU untuk bersinergi dengan Apindo.

“Harapan kami, dengan kepengurusan baru Apindo Kabupaten PPU, kedepan akan banyak keanggotaan dari perusahaan yang ada bergabung di PPU. Termasuk, peran besar kita semua dalam mengawal pembangunan IKN Nusantara. Salah satunya, member ruang bagi pelakku UMKM Kaltim dapat tampil dan eksis menyongsong pembangunan IKN di PPU,” ujarnya. ###

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS