Forkopimda Balikpapan Nonton Bareng Film Kadet 1947

Redaksi - Minggu, 28 November 2021 20:53 WIB - dilihat 363 kali
Forkopimda Balikpapan Nonton Bareng Film Kadet 1947

IBUKOTAKINI.COM – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar nonton bareng Film Kadet 1947. Nonton bareng tersebut Pemerintah Kota dan DPRD Balikpapan nonton bareng film Kadet 1947, di Studio XXI, Balikpapan Ocean Squere (BOS), Minggu siang (28/11/2021).

Film besutan Rahabi Mandra dan Winaldo Artaraya Swastia berjudul Kadet 1947 tayang pada 25 November 2021. Film ini terinspirasi dari peristiwa misi serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) di markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947. Para aktor yang memerankan sebagai para Kadet yakni Bisma Karisma sebagai Sigit, Kevin Julio sebagai Mul, Omara Esteghlal sebagai Har, Marthino Lio sebagai Adji.

Komandan Lanud Dhomber Kolonel Pnb Dedy Susanto mengatakan bahwa hari ini (28/11) melaksanakan nonton bareng forkopimda, anggota, perwira Lanud Dhomber beserta keluarga. Tujuannya yang pertama untuk mengetahui sejarah dan perjuangan Angkatan Udara.

“Yang kedua, agar masyarakat mencintai film Indonesia,” tuturnya.

Dia pun berharap dengan melaksanakan kegiatan nonton bareng ini masyarakat bisa mengenal lebih jauh Angkatan Udara.

“Mudah-mudahan dengan dilaksanakan nonton bareng masyarakat bisa mengenal lebih jauh tentang perjuangan Angkatan udara. Dan bisa mengambil hikmah dari perjuangan Angkatan udara,” ujarnya.

Nonton bareng itu dihadiri Asisten II Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Noor, Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan. Hadir pula Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh bersama keluarga. Sedangkan Forkopimda adalah Danlanal Siswo Widodo, Kapolres Kombes Pol Thirdy Hadmiarso dan Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Inf Faizal Rizal.

“Kegiatan nonton bareng dimulai pukul 14.00 wita. Film ini menceritakan perjuangan Angkatan Udara, dan ini untuk semua umur,” kata Asisten II Muhammad Noor mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sebelum nonton bareng berlangsung.

Untuk diketahui, film Kadet 1947 tersebut tentang para Kadet punya semangat dan rasa cinta yang besar untuk Indonesia walau masih calon penerbang. Pasalnya, saat itu Belanda melanggar kesepakatan untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Belanda saat itu malah melakukan serangan ke wilayah Jawa dan Sumatera untuk menguasai Indonesia kembali.

Peristiwa ini disebut dengan Agresi Militer Belanda I. Hingga kemudian, sekelompok Kadet punya semangat juang membuktikan mereka mampu ambil bagian untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS