Home Kabar Ibu Kota Gabungan Komunitas M...

Gabungan Komunitas Motor di Samarinda Bagikan 1.000 Masker dan Hand Sanitizer

Vira Respati - Selasa, 27 Oktober 2020 pukul 21.23
Gabungan Komunitas Motor di Samarinda Bagikan 1.000 Masker dan Hand Sanitizer Gabungan Komunitas Motor di Samarinda Bagikan 1.000 Masker dan Hand Sanitizer (sumber: Ibukotakini.com )

IBUKOTAKINI.COM - Kegiatan donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” di Samarinda diikuti 7 komunitas yang tergabung dalam Bold Riders Samarinda dan 3 komunitas motor lainnya, berlangsung di Big Mall Samarinda, pada Minggu (25/10/2020). Kegiatan donor darah ini diawali dengan rolling city dan ditutup dengan pembagian 1.000 masker dan 1.000 hand sanitizer di Taman Samaendah, Samarinda, Kalimantan Timur. 

“Donor darah ini diikuti 52 peserta dan menghasilkan 34 kantong darang. Sebagian peserta lainnya gagal menjadi donor karena tidak lolos saat pemeriksaan awal,” kata Koordinator Acara, Laurent.

Komunitas Bold Riders yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini diantaranya Joker Max Club Samarinda, CBR Community Samarinda yang mencakup CBR Community Tenggarong, Brandal, YVC-I Samarinda, YNCI Samarinda, Ninja Modus, dan GRB. Selain itu ada 3 komunitas lain yang juga ikut serta, yakni Satria F Club Samarinda, Max Army Samarinda, dan NMax Riders.

Bold Riders Samarinda dan 3 komunitas motor melakukan donor darah

Sementara itu Koordinator Bold Riders, Andy Cahya Tresna mengatakan sebagian peserta ini menggelar rolling city lebih dulu sebelum mengikuti donor darah. Sebagai penutup rangkaian kegiatan, para pendonor bersama anggota yang tidak ikut mendonorkan darah melakukan kegiatan sosial berupa bagi-bagi masker dan hand sanitizer.

“Kegiatan bagi-bagi masker dan hand santizer ini ditujukan untuk para pengguna jalan di sekitar Taman Samarendah dan beberapa titik lainnya. Tujuan kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk ikut serta mencegah penyebaran COVID-19,” beber pria yang akrab disapa CT ini.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.  

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu. 

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.