Ganti Rugi Lahan Stadion Batakan Masih Berlangsung

Redaksi - Selasa, 05 Juli 2022 09:00 WIB
Stadion Batakan di Balikpapan

IBUKOTAKINI.COM – Meski pembangunan satu stadion terbaik di Indonesia, Stadion Batakan di Kota Balikpapan telah selesai dibangun sejak 5 tahun lalu. Namun proses gantirugi lahan sarana olahraga itu belum tuntas.

Hal ini terungkap dalam Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi Atas Laporan Pertanggungjwaban Wali Kota terkait pelaksanaan APBD Tahun 2021, Senin (4/7/2022). Adalah Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh yang membeberkan persoalan itu.

Menurut Abdulloh, ada beberapa isu yang menjadi sorotan fraksi-fraksi di DPRD. Di antaranya belum tuntasnya pembayaran ganti rugi lahan warga yang dibangun untuk stadion Batakan dimana harusnya bisa segera tuntas.

“Salah satunya terkait pembebasan lahan stadion yang belum tuntas sampai sekarang, tetapi on progres, artinya tahapannya berlanjut terus untuk melaksanakan kegiatan itu,” ujarnya

Meski begitu, politisi Golkar itu enggan membeberkan lebih jauh soal gantirugi lahan Stadion Batakan yang belum selesai. Termasuk berapa kekurangan pembayaran lahan milik warga.

“Kita diberikan pandangan oleh fraksi-fraksi untuk penjabaran dan mempertanyakan apa yang sudah disampaikan Wali kota kemarin di nota penjelasannya,” kata Abdulloh.

Di samping beberapa kegiatan tahun kemarin yang belum terealisasi. Kemudian dipertanyakan kembali oleh fraksi. “Artinya agar bisa di laksanakan di tahun berikutnya, artinya menjadi PR,” ujarnya.

Dia menjelaskan, setelah pandangan umum fraksi, selanjutnya rapat paripurna jawaban Wali Kota atas pandangan fraksi dan direncanakan pekan depan. “Insyaallah hari Senin (pekan depan) kita paripurnakan,” ujarnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan rapat paripurna pendapat akhir fraksi yang rencanakan minggu berikutnya. “Untuk memutuskan yang menjadi catatan fraksi,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Stadion Batakan menjadi salah satu stadion termegah di Indonesia dan bertaraf internasional. Desain lapangan sepakbola berkapasitas 42 ribu penonton itu disebut mirip Stadion Emirates milik klub Arsenal, Inggris.

Stadion Batakan juga merupakan markas klub sepak bola Persiba Balikpapan yang bermain di Liga 2. Biaya pembangunan stadion itu mencapai Rp 1,2 triliun, dan selesai dibangun total selama 7 tahun. Dimulai pada 2010, baru rampung pada 2017.

Editor: Ferry

RELATED NEWS