Gubernur Pantau Pos Lebaran di Pelabuhan Kayan

Redaksi - Minggu, 01 Mei 2022 15:44 WIB
Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang memantau Pos Pelayanan Lebaran.

IBUKOTAKINI.COM - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang meninjau sejumlah pos pelayanan Lebaran 2022 didampingi Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya dan Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Rifki. Sejumlah pos yang dipantau anttara lain Pelabuhan Kayan II jalan Sabanar Lama dan Pelabuhan Speedboat Kayan I di Jalan Sudirman. Peninjauan itu bertujuan mengecek kesiapan pengamanan menjelang arus balik pasca lebaran 1443 hijriah.

Gubernur menuturkan, untuk kesiapan sarana dan prasarana diyakini sudah cukup memadai. Begitu juga dengan personel yang bertugas. “Personel selalu siaga di tempat tugas posko pengamanan,” ujar Gubernur, Sabtu (30/4/2022). Karena itu, setiap kunjungannya selalu menanyakan terkait jumlah personel yang bertugas.

“Kita mau lihat kekuatan personel yang bertugas di setiap pos. Alhamdulillah, semua tetap stand by (bersiap),” kata gubernur dalam keterangan resmi Pemprov Kaltara.

Kemudian, personel yang bertugas juga diminta untuk selalu meningkatkan pengawasan pada arus balik. Khususnya terkait tes antigen bagi pemudik. “Jangan sampai pemudik yang datang ke Kaltara membawa virus Covid-19,” tutupnya.

Apalagi saat ini kasus aktif Covid-19 di Kaltara sudah melandai. Karena itu, personel di lapangan diharapkan selalu bersiaga dan tetap menjaga kesehatannya. “Jangan sampai sakit mendekati hari Idulfitri,” ungkapnya.

Selain pintu masuk melalui jalur laut, Pemprov Kaltara bersama TNI dan Polri juga memperketat pintu masuk melalui jalur darat Bulungan-Berau. “Kemarin, informasinya di sana ada yang kecelakaan tapi sudah ditangani tim Posko keamanan,” ucapnya.

Lebih lanjut kata Zainal kecelakaan di dekat posko perbatasan Bulungan-Berau, karena pengemudi tidak taat aturan lalu lintas. Untuk itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diminta berhati-hati dan menaati aturan yang berlaku.

Sementara Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya telah memantau dua pos pelayanan Lebaran di Pelabuhan Kayan II dan Kayan I. Kemudian, untuk pos di kabupaten kota pemantauan dilakukan melalui visual.

“Semua berjalan dengan lancar. Tidak ada masalah,” ungkapnya. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seiring meningkatnya mobilisasi orang pada arus mudik maupun balik. Polda Kaltara akan melalukan pemeriksaan tes antigen bagi pemudik.

“Tes antigen ini akan kami lakukan secara sampling,” ucapnya. Dalam hal ini, Polda Kaltara juga bekerja sama dengan Dinkes Bulungan termasuk penyiapan alat antigen. “Kami juga menyiapkan gerai vaksin bagi pemudik. Untuk pelayanan tes antigen gratis,” ungkapnya.

Editor: Ferry

RELATED NEWS