Gunakan Minyak Goreng Curah, Masyarakat Diminta Pakai Kemasan Higienis

Redaksi - Minggu, 27 Maret 2022 10:12 WIB - dilihat 157 kali
Saat Operasi Pasar Minyak Goreng Curah di Balikpapan, belum lama ini

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memastikan minyak goreng curah yang didistribusikan pemerintah dengan harga subsidi adalah minyak goreng berkualitas. Pasalnya, minyak goreng didatangkan dari pabrikan yang berlokasi di Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana mengatakan bahwa minyak goreng curah datangkan minyak goreng pabrikan dengan merk dagang Apical.

“Perusahaannya di Balikpapan dan sudah pernah ditinjau Bapak Gubernur," kata Siti Farisyah Yana, Ahad 27 Maret 2022.

Karenanya, Yana meyakinkan kualitas minyak gorengnya sudah terjamin dan tidak beda dengan minyak goreng dalam kemasan yang sudah dipasarkan.

Hanya saja lanjut Yana, dirinya mengkhawatirkan masyarakat yang membawa sendiri kemasan (alat penampung) ketika membeli minyak goreng curah.

Sebab diakuinya, instansi yang menyalurkan minyak goreng curah tidak menyediakan kemasan, meski pun ada maka masyarakat harus membayar diatas HETnya karena dikenai harga kemasan.

"Ketika dilokasi mereka membawa kemasan sendiri. Ada botolan, jerigen 5 literan hinga jerigen besar sampai diatas 20 liter," sebut Yana yang dikutip melalui Akun resmi Prmprov Kaltim.

Yang dikhawatirkan Yana, bukan masalah ukuran kemasan, tetapi kebersihan dan higienis dari kemasan itu sendiri.

"Apakah benar-benar higienis kemasan yang mereka bawa. Apalagi, kita tau jerigen besar yang ukuran diatas 20 liter. Itu kan, bisa dipakai untuk menampung macam-macam, bukan hanya ketika membeli minyak goreng curah," ungkapnya.

Kalau kemasan bekas minyak goreng menurut Yana, tidak masalah. Hanya saja jangan sampai lanjutnya, bekas menampung cairan lainnya, apalagi cairan yang membahayakan kesehatan tubuh.

Tidak dipungkiri, ujarnya, ada saja jerigen besar yang selama ini digunakan oleh masyarakat untuk menampung bahan cair lainnya, sebelum dimanfaatkan menampung minyak goreng.

"Ya, tolong masyarakat perhatikan kehigienisan kemasannya. Ini kita sama-sama menjaga. Jangan sampai minyak goreng tercemar hanya gara-gara kemasan tidak higienis, sehingga minyak gorengnya tercampur cairan lain di dalam jerigen. Apalagi cairan yang berbahaya buat kesehatan dan tubuh kita," pungkasnya.

Editor: Ferry Cahyanti
Tags Minyak Goreng CurahBagikan

RELATED NEWS