Inovasi Program, YKI Cabang Balikpapan Kunjungan Kerja ke Bali

Redaksi - Sabtu, 29 Oktober 2022 08:00 WIB - dilihat 241 kali
Inovasi Program, YKI Cabang Balikpapan Kunjungan Kerja ke Bali

IBUKOTAKINI.COM - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan melakukan kunjungan kerja ke YKI Koordinator Bali pada 24 hingga 26 Oktober 2022.

Kunjungan kerja untuk mempelajari program-program yang ada di YKI Koordinator Bali. Di mana YKI Koordinator Bali sendiri mengkoordinasikan YKI yang ada di Kabupaten.

Rombongan kunjungan kerja dipimpin Ketua YKI Cabang Balikpapan, Sri Soetantinah. Dan kunker diterima oleh Ketua YKI Dr. dr. Anak Agung Ayu Ngurah Susraini, bersama Sekretaris 1, Ni Made Metti Utami dan anggota di Sekretariat YKI Bali.

Ketua YKI Cabang Balikpapan, Sri Soetantinah mengungkapkan maksud dan tujuan melakukan kunjungan kerja ke YKI Koordinator Bali untuk mempelajari program-program YKI di luar daerah.

“Kami sharing, ada program apa di daerah lain. Dan program itu memungkinkan untuk dilaksanakan di Cabang Balikpapan,” katanya dalam kunjungan kerja pada Senin, 24 Oktober 2022.

Inovasi Program, YKI Cabang Balikpapan Kunjungan Kerja ke Bali

Bukan hanya mempelajari program di Bali, tetapi menurutnya, YKI Balikpapan juga memaparkan berbagai program yang telah dilaksanakan. Di antaranya melakukan penyuluhan pencegahan dini kanker, memberikan pendampingan pasien kanker, dan memberikan bantuan kepada pasien kanker yang tidak mampu, serta melakukan IVA Test dan Sadari yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota, Puskesmas maupun PKK Balikpapan.

“Beberapa program yang sudah terlaksana juga kami paparkan seperti pelatihan paliatif, penyuluhan, pemeriksaan Iva Test. Agar dalam kunjungan kerja ini dapat berjalan maksimal,” tutur perempuan yang akrab disapa Tantin.

Setelah melakukan kunjungan, lanjut Tantin, akan mempelajari lebih jauh program yang belum ada di Bali. Dan ternyata ada beberapa program menarik yang bisa diimplementasikan di Kota Balikpapan.

“Dari hasil kunjungan kerja, ternyata di Bali ada program Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP), kemudian ke siswa sekolah SD dan SMP memberikan pemahaman apa itu penyakit kanker pada usia dini,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua YKI Dr. dr. Anak Agung Ayu Ngurah Susraini, mengapresiasi dan menyambut hangat kunjungan kerja Bali.

“Melalui kunjungan kerja kita dapat berdiskusi masing-masing program YKI. Karena tujuannya tentu sama yaitu mencegah dan menekan angka kasus penyakit kanker,” paparnya.

Ia menyebut program yang ada di Bali adalah mengkoordinasikan YKI di Kabupaten. Sehingga program harus mensinkronisasikan dengan yang ada di kabupaten.

“Program kami juga menggelar lomba, di sekolah juga ada. Dan membuat kuesioner untuk mengukur apakah program yang dilaksanakan berjalan maksimal,” sebutnya.

Dalam kunjungan kerja, YKI Cabang Balikpapan juga melakukan peninjauan ke Sekretariat YKI Koordinator Bali mengingat di sekretariatnya juga menerima pemeriksaan papsmear. ###

Editor: Ferry Cahyanti
Bagikan

RELATED NEWS