Isran Noor Klaim Banyak Investor Asia Pedekate ke IKN

Redaksi - Senin, 12 September 2022 08:00 WIB
Sejumlah investor dari Asia dan Australian mulai menyatakan minatnya menanamkan modal di berbagai bidang di wilayah IKN. Termasuk bidang pertanian dan perkebunan. Foto: Arsip undefined

IBUKOTAKINI.COM – Gubernur Kaltim Isran Noor menyebut para pemodal dari berbagai negara Asia dan Australia menunjukkan minatnya berinvestasi di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mereka tertarik mengucurkan modal di berbagai sektor, tidak hanya infrastruktur. Hal ini karena Kaltim memiliki berbagai potensi sumber daya alam serta pangsa pasar yang menjanjikan.

Beberapa investor yang tampak berminat di antaranya Jepang, China, Malaysia, Australia, Hongkong dan Korea Selatan. Negara-negara Benua Asia tersebut telah melakukan penjajakan kerja sama berbagai bidang di Kaltim.

Mulai pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, pariwisata, pendidikan, kesehatan, transportasi maupun bidang pengembangan teknologi lainnya, bukan saja untuk pembangunan fasilitas IKN, tetapi juga untuk daerah penyangga IKN.

BACA JUGA:

  • https://ibukotakini.com/read/ini-tiga-negara-dengan-investasi-terbanyak-di-kaltim

“Berdasarkan data dan informasi dari BKPM memang sudah ada beberapa negara yang melakukan penjajakan investasi di berbagai bidang di Kaltim dan khususnya pembangunan di kawasan IKN,” kata Isran Noor.

Isran Noor didampingi Kepala Dinas PMPTSP Kaltim Puguh Hardjanto dalam beberapa kesempatan mengatakan penjajakan kerja sama dari beberapa negara dalam berbagai bidang tersebut diterima dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) maupun langsung ke Pemprov Kaltim melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim.

Ditambahkan, potensi-potensi dan peluang investasi di Kaltim, terus dipromosikan ke luar Kaltim dengan mengikuti pameran-pameran yang dilaksanakan, sehingga dengan promosi tersebut, potensi yang dimiliki bisa menarik investor untuk berinvestasi di Kaltim. Khususnya di IKN maupun investasi pada daerah penyangga IKN.

BACA JUGA:

  • https://ibukotakini.com/read/perumahan-pekerja-ikn-senilai-rp-600-miliar-mulai-dibangun

“Kita selalu terbuka, kepada siapa saja dari yang ingin berinvestasi di Kaltim maupun untuk pembangunan IKN termasuk investasi berbagai sektor pada daerah penyangga IKN,” ungkap Isran melalui keterangan yang dilansir Biro Adpim Kaltim.

Gubernur Isran Noor menjelaskan pembangunan IKN di Provinsi Kaltim tepatnya di wilayah Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan sustainable green city, smart city dengan tujuan membangun sebuah kota yang tetap berwawasan, tetap berlatar belakang dan menjaga lingkungan, sehingga pembangunan IKN menarik dunia internasional.

“Pembangunan IKN tetap menjaga lingkungan dengan green city, sehingga keberadaan IKN bukan saja kepentingan Indonesia, tetapi juga milik bangsa-bangsa dunia. Pembangunan IKN tersebut akan menjadi peluang para investor untuk berinvestasi dari berbagai negara,” ujarnya. ###

Editor: Ferry
Tags IKNBagikan

RELATED NEWS