Jaga Distribusi Pangan di Kaltim, Bulog Perkuat Sinergi

Redaksi - Kamis, 24 November 2022 18:00 WIB
Jaga Distribusi Pangan di Kaltim, Bulog Perkuat Sinergi

IBUKOTAKINI.COM - Perum Bulog Kanwil Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berkordinasi dengan pemerintah dan satgas pangan guna menjaga stok dan harga pangan dipasaran.

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Kaltimtara Arrahim K Kanam mengatakan, momentum hari besar atau saat harga pangan sedang tinggi, potensi terjadinya penimbunan pangan tentu ada.

“Namun, kami (Bulog) berusaha agar kondisi itu tidak terjadi. Beberapa langkap kami lakukan hingga pengecekan pasokan dari agen sampai end user atau ke masyarakat,” katanya, saat talkshow di TVRI Kaltim belum lama ini.

Beberapa upaya dilakukan guna mencegah terjadinya penimbunan. Pertama melalui aturan distribusi yang dimiliki Bulog. “Ada aturan dari kami bahan pokok yang diterina masyarakat harus dengan kualitas baik,” tuturnya.

Kemudian, memantau alur distribusi kemana saja bahan pokok dari gudang bulog didistribusikan. Ketiga, pihaknya terus berkordinasi dengan pemerintah setempat dan satgas pangan, terkait stok pangan yang ada.

BACA JUGA:

“Kami terus melaporkan stok bangan dari gudang bulog secara rutin. Kami selalu berkordinasi terkait kebutuhan bahan pokok. Karena itu juga bisa menjadi dasar kami memgambil tindakan,” ucapnya.

Kabid Perdagangan Disperindagkop Kalimantan Timur, Ali Wardana mengatakan, antisipasi sejak dini pihaknya lakukan.

“Kami mempunyai satgas pangan, yang didalamnya ada Bulog. Kami selalu melaporkan stok pangan dan harga,” katanya.

Menurutnya, sidak rutin, yang dilakukan bisa jadi salah satu upaya pencegahan terjadinya penimbunan. “Bisa saja jadi efek jera bagi mereka yang tertangkap,” tutupnya. ###

Editor: Ferry
Tags stok pangan Bagikan

RELATED NEWS