Jelang Hari Kesehatan, YKI Balikpapan Bersama Puskesmas Klandasan Ilir Gelar Pemeriksaan Iva Test dan Papsmear

Redaksi - Sabtu, 05 November 2022 13:00 WIB
Jelang Hari Kesehatan, YKI Balikpapan Bersama Puskesmas Klandasan Ilir Gelar Pemeriksaan Iva Test dan Papsmear

IBUKOTAKINI.COM – Jelang Hari Kesehatan Nasional, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan bersama Puskesmas Klandasan Ilir dan PKK menggelar pemeriksaan Iva Test, Papsmear, dan Sadari di Puskesmas Klandasan Ilir, pada Sabtu (5/11/2022).

Pemeriksaan iva test dan sadari tersebut menjadi prioritas program YKI Cabang Balikpapan mengingat angka kasus penderita kanker leher rahim dan payudara setiap tahunnya mengalami kenaikan.

Ketua YKI Cabang Balikpapan, Sri Soetantinah mengungkapkan setelah pandemi pelaksanaan iva tes dan sadari terus dilakukan. Mengingat ketika pandemi kegiatan untuk mengundang banyak massa harus dihindari untuk mencegah penularan covid-19.

“Sehingga setelah pandemi, secara perlahan berbagai kegiatan YKI Cabang Balikpapan terus dikebut,” ungkapnya.

Pada minggu lalu, YKI juga menggelar kegiatan yang sama yaitu di Puskesma Gunung Bahagia, dan Jumat (4/11) di Puskesmas Prapatan.

“Dari hasil pemeriksaan tersebut ada beberapa yang harus didalami atau perlu rujukan. Harapannya semua dalam keadaan sehat karena dengan mengetahui secara dini dapat segera diobati,” tuturnya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan Pemerintah Kota Balikpapan melalui dinas kesehatan kota Balikpapan menggencarkan program vaksinasi IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Test dan Papsmear untuk di lingkup kerjanya.

Program ini juga merupakan program yang diusulkan oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes). Rencananya, tahun depan akan diselenggarakan secara serentak oleh Kemenkes RI di seluruh kelurahan yang ada di Kota Balikpapan dan seluruh Indonesia.

Lebih dulu, Pemkot Balikpapan mengambil langkah untuk melakukan sosialisasi terkait hal ini.

“Deteksi dini untuk pencegahan kanker leher rahim (serviks) dengan IVA test dan pendeteksi kanker payudara, serentak di seluruh kelurahan di Kota Balikpapan dilaksanakan juga deteksi dini untuk pencegahan penyakit tidak menular,” paparnya.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 yang akan diperingati pada tanggal 12 November mendatang.

“Kami juga meluncurkan program pemberian vaksinasi anti kanker leher rahim pada remaja pekan depan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, untuk mewujudkan komitmen Pemkot Balikpapan memerangi hal yang sama oleh Kemenkes RI,” ujarnya. ###

Editor: Ferry

RELATED NEWS