Jelang Ramadan, DLH Persiapkan Armada Pengangkut Sampah

Redaksi - Minggu, 27 Maret 2022 18:34 WIB
TPS di salah satu titik Kota Balikpapan

IBUKOTAKINI.COM – Menjelang Ramadan 1443 Hijriah, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan berbagai persiapan untuk pengangkutan sampah. Pasalnya, di bulan Ramadan volume sampah diperkirakan meningkat. Hal ini berdasarkan pada volume sampah pada tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sudirman Djayaleksana mengungkapkan bahwa berbagai persiapan yang dilakukan adalah pengecekan sejumlah armada pengangkut sampah. Di mana jumlah armada angkutan sampah sebanyak 80 armada.

“Kemudian petugas juga yang dikerahkan juga 450 pertugas. Armada ini harapannya kondisinya jangan rusak. Yang diantisipasi adalah armada dan petugas,” jelas Sudirman Djayaleksana saat dikomfirmasi Ibukotakini.com, Ahad 27 Maret 2022.

Diperkirakan pada pekan pertama Ramadan volume atau jumlah sampah yang diangkut sekitar 400-450 ton perhari. Jumlah itu meningkat apabila dibandingkan hari normal. Pada hari biasa hanya berkisar 350 ton.

“Nanti akan kembali normal pada Pertengahan ramadan. Mau lebaran melonjak lagi sekitar 600 ton. Angkutan sampah mulai pukul 22.00, jam 1 dinihari kemudian sudah sampai TPA. Disisir mobil gelandang, dan satgas,” terangnya. Kemudian angkutan sampah akan kembali normal pada pekan pertama lebaran.

Selanjutnya yang perlu dipersiapkan ziarah massal. Lanjut Sudirman, yang perlu dilakukan adalah menja kebersihan makam. Di mana terdapat 32 titip pemakaman yang menjadi pemantauan Dinas Lingkungan Hidup.

“Petugas pemakaman terdapat 200 petugas. Adapun jumlah petugas yang nantinya bertugas tergantung luasan pemakaman. Paling luas di Kilometer 15. Di lokasi tersebut akan ditugaskan sekitar 22 orang petugas pemakaman,” ucapnya.

Sudirman menambahkan antisipasi dan persiapan ini mulai dilakukan seminggu sebelum Ramadan. Karena tak lama lagi Ramadan akan tiba, dan ziarah juga akan berlangsung sehingga kebersihan pemakaman pun harus terjaga dari rumput dan lainnya.

Editor: Ferry

RELATED NEWS