Kaltim Akan Bangun Panti Khusus Gepeng

Admin - Minggu, 16 Mei 2021 19:02 WIB
Kepala Dinsos Kaltim HM Agus Hari Kesuma

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berencana membangun panti khusus menampung gelandangan dan pengemis (Gepeng). Melalui Dinas Sosial Kaltim, ditemukan banyaknya laporan mengenai gepeng yang berkeliaran di persimpangan kota. 

Kepala Dinsos Kaltim HM Agus Hari Kesuma mengatakan untuk menampung sementara diperlukan rumah atau wadah, agar tak berkeliaran dan mengganggu ketertiban kota.

Maka, dalam waktu dekat Dinas Sosial (Dinsos) Kaltim akan membangun panti khusus menampung Gepeng.

"Sesuai laporan warga, memang banyak Gepeng di persimpangan kota. Bahkan, ada yang diperas preman. Karena itu, tahun depan akan dibuatkan panti khusus menampung para penyandang masalah kesejahteraan sosial itu," sebut Kepala Dinsos Kaltim HM Agus Hari Kesuma di Samarinda, Ahad (16/5/2021).

Penampungan berupa panti akan dibuka di Rehabilitasi Tuna Susila (RTS) di UPTD Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Samarinda. Keberadaan panti itu sangat penting agar Gepeng tak menjamur dan berkeliaran di pusat-pusat kota. Sekaligus, memberikan rasa aman dan keselamatan dari tindak premanisme.

"Kita sudah berupaya mengajak mereka untuk masuk ke RTS. Tetapi, tidak mau. Kami minta Satpol PP bisa menertibkan, apabila masih ada terlihat berkeliaran kota," tegasnya.

Agus berharap panti khusus ini terbentuk tahun depan. Sehingga para Gepeng, selain tak menjamur juga dibina agar kreatif dan tidak kembali menggelandang.

Tags gepengBagikan

RELATED NEWS