Kaltim Dukung Desa Wisata Daerah Ikut Ajang Wisata Nasional

Admin - Minggu, 02 Mei 2021 19:23 WIB
Destinas wisata di Kaltim

IBUKOTAKINI.COM – Provinsi Kalimantan Timur mendukung dan siap mengikutsertakan desa wisata daerah pada ajang wisata nasional. Demikian diungkapkan Gubernur Kaltim Isran Noor dalam acara penyelenggaraan Anugerah Desa Wisata 2021 yang digelar secara virtual pada Jumat (30/4/2021). 

Gubernur menyatakan kesiapannya iktu dalam ajam wisata nasional tersebut. Mengingat Kaltim memiliki banyak desa yang menjadi destinasi wisata. “Potensi desa menjadi destinasi wisata cukup besar dan Kaltim dengan sepuluh kabupaten/kota memiliki kekhasan unik dan berbeda,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim mengungkapkan Kemenparekraf telah menunjuk 244 desa di Indonesia mendapat pendampingan dan dikembangkan sebagai desa wisata.

"Di Kaltim ada tiga desa yang terpilih, yakni Kedang Ipil dan Desa Pela di Kecamatan Kota Bangun Kutai Kartanegara, dan Desa Mentawir Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara," sebut Sri Wahyuni, via WhatsApp, Sabtu (1/5/2021).

Dijelaskannya, pengembangan potensi desa wisata sebagai salah satu cara pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata, termasuk di masa pandemi saat ini.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat melaunching Anugerah Desa Wisata 2021 menargetkan menargetkan lebih dari 500 desa yang terdaftar dalam ajang nasional ini.

"Seluruh desa wisata yang terdaftar dalam Anugerah Desa Wisata 2021, akan masuk ke dalam Jaringan Desa Wisata Indonesia (Jadesta)," ujarnya. Pendaftaran sejak 7 Mei - 26 Juni 2021. Pengumuman pemenang pada 7 Desember 2021.
 

Tags Kaltimdesa wisataBagikan

RELATED NEWS