Karta Kali Buntu Ajak Janda Lansia Piknik ke Alun-alun

Admin - Kamis, 13 Mei 2021 09:13 WIB - dilihat 342 kali
Karta Kali Buntu, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur saat berbagi kebahagiaan dengan janda lansia akhir pekan lalu. undefined

PROBOLINGGO, IBUKOTAKINI.COM - Karang taruna (karta) Desa Kali Buntu, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur melaksanakan program Ramadhan Heppiii dengan cara yang tak biasa. Selain memberikan santunan, karta yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo ini juga mengajak janda-janda lanjut usia (lansia) untuk jalan-jalan atau piknik ke alun-alun Kota Probolinggo dengan tetap mentaati protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19.

Ketua Karta Desa Kali Buntu, Bogel Kusuma mengatakan dalam program Ramadhan Heppiii tahun ini ada sebanyak 100 orang yang diberikan santunan lebaran. Dari jumlah itu, 50 di antaranya adalah anak yatim piatu dan 50 lainnya adalah janda-janda lansia.

“Khusus untuk yang janda-janda ini kami juga berikan sembako berupa beras dan minyak goreng. Setelah itu, kami berikan bingkisan uang untuk pegangan, lalu kami ajak jalan-jalan ke alun-alun Probolinggo Minggu lalu, tentunya tetap prokes dan tidak menimbulkan kerumunan," kata Bogel pada Selasa (11/5).

Karta sengaja memilih alun-alun agar para lansia ini bisa merasakan udara segar, sembari refreshing, dan menunggu waktu azan magrib tiba. Mereka naik mobil wisata yang disewa khusus oleh karta bagi para lansia ini.

Di alun-alun ini para lansia bercengkerama menikmati suasana, ada juga yang melihat-lihat pemandangan sekitar lokasi. Di alun-alun ini pula ‘angpau’ dari karta dibagikan agar bisa digunakan para lansia untuk sekadar membeli makanan.

“Responnya luar biasa sekali, mereka sangat senang, ada yang bilang katanya gak pernah ke alun-alun. Malah mereka minta tahun depan kalau bisa jalan-jalan lagi, tapi keliling kota, ya kami jawab insyaallah semoga ada rezeki, dan tetap dibantu sama Heppiii Community,” imbuhnya.

Pengurus karta, kata dia juga sangat bersyukur, terlebih acara serupa yakni dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan janda lansia baru pertama kalinya dilakukan. Praktis sejak lima tahun terakhir kata dia baru kali ini karta menggelar acara sosial tersebut.

Koordinator Heppiii Community Probolinggo Dwi Haryantoro mengatakan pihaknya berterima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Karta Desa Kali Buntu karena sudah berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan dan Lebaran bersama anak yatim piatu dan para lansia.

“Di beberapa tempat lain ada juga karta yang mengajak anak yatim belanja langsung ke swalayan, jadi setiap karta Heppiii Community di Probolinggo punya kegiatan positif masing-masing,” imbuhnya.

RELATED NEWS