Kasus Penyebaran Covid-19 di Kaltim Terus Menurun

Admin - Selasa, 04 Mei 2021 08:00 WIB
Penyemprotan disinfektan menjadi salah satu cara Kaltim menekan anka penularan wabah.

IBUKOTAKINI.COM - Kasus penyebaran wabah Covid-19 di Kaltim dalam beberapa pekan terakhir terus mengalami penurunan. Namun demikian, pemerintah akan tetap mengimbau masyarakat untuk tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Sufian Agus usai mewakili Gubernur Kaltim menghadiri Rapat Koordinasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara virtual dari Jakarta, Senin (3/5/2021).

Kaltim tegas Sufian Agus, tidak akan mengulang lonjakan kasus Covid-19 seperti terjadi tahun lalu, dimana lonjakan kasus terjadi setelah libur lebaran. Selain itu, lonjakan kasus yang terjadi di sejumlah negara di dunia menurutnya juga patut menjadi perhatian.

“Seperti di India, tadinya tren mereka turun. Tapi tiba-tiba melonjak, karena perayaan-perayaan besar di sana dibiarkan. Jangan sampai ini terjadi di Kaltim,” kata Sufian Agus di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim.

Sebab itu kata Sufian Agus, pada momen lebaran dan pasca lebaran masyarakat diingatkan untuk tidak lengah dalam penerapan protokol kesehatan. Yakni tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Ditambahkannya, rapat koordinasi sekaligus mengingatkan para kepala daerah (gubernur, bupati dan wali kota) untuk menjaga daerah masing-masing agar tidak terjadi lonjakan kasus saat lebaran dan pasca lebaran.

“Kita ingin tren kita terus melandai, menurun dan habis. Bukan sebaliknya, terus naik dan naik terus. Karena itu, kerja sama dengan Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat di daerah akan sangat membantu menekan penyebaran Covid-19,” tandas Sufian Agus.

Hadir Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim yang juga Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto dan Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa. Rapat juga diikuti jajaran Forkopimda se-Indonesia, Kejaksaan Agung dan Badan Intelejen Negara (BIN).

Tags covid 19 kaltimBagikan

RELATED NEWS