Kementerian PUPR Serahkan Hibah ke Pemkot Balikpapan

Redaksi - Kamis, 07 April 2022 15:12 WIB
Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra

IBUKOTAKINI.COM – Sedikitnya 34 item hibah diserahkan ke Pemerintah Kota Balikpapan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Serah terima ditandai dengan penandatanganan Naskah Hibah Kementerian PUPR ke Pemerintah Kota Balikpapan.

Penandatanganan ditandatangani lansung oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE, ME mewakili Pemerintah Kota Balikpapan dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra di Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis 07 April 2022.

Penandatanganan juga dihadiri Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pujiono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Andi M Yusri Ramli, dan jajaran direksi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Manggar.

Dalam serah terima dan naskah hibah tersebut tercatat terdapat 34 item dengan nilai Rp278 miliar. Jumlah tersebut mulai tahun 2016 hingga 2021.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyambut baik penyerahan hibah. Karena melalui pembangunan infrastruktur maka sarana dan prasarana yang dibangun akan sangat bermanfaat bagi Kota Balikpapan.

“Kita berharap akan ada kegiatan-kegiatan yang lain termasuk sumber daya air. Kita minta bantuan dalam hal sumber daya air, kemudian pemukiman,” terang Wali Kota usai Penandatanganan Naskah Hibah.

Beliau berharap masih ada yang dibantu untuk kota Balikpapan melalui APBN. “Itulah komunikasi-komunikasi yang bisa dilakukan dari daerah dengan pusat khususnya pembangunan infrastruktur dalam persiapan sarana prasana Ibu Kota Negara,” ulasnya.

Ia pun menegaskan Balikpapan akan terus berbenah baik ada IKN ataupun tidak adanya IKN. “Kami terus berbenah agar infrastruktur bagi warga Kota Balikpapan dapat terpenuhi,” tandasnya.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra mengatakan setelah hibah ini diserahkan yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan adalah dikelola dengan baik dalam pengoperasiannya.

“Untuk Balikpapan itu ada infrastruktur air bersih, sanitasi, persampahan seperti TPA Manggar, permukiman dan bangunan gedung lainnya,” ucapnya.

Dari 34 item yang diserahkan menurutnya, paling besar adalah TPA Manggar. Di mana dari pembangunan awal, sampai pembangunan cluster hingga gas metan nya.

“Selanjutnya kami diamanahkan melakukan pengawasan dan fasilitasi untuk mendorong pemerintah dalam pengelolaannya. Kami juga menyambut baik karena kerja samanya dengan Pemkot Balikpapan sudah bagus,” tukasnya. (*)

Editor: Ferry

RELATED NEWS