Kloter Pertama Jemaah Haji Diberangkatkan

Redaksi - Kamis, 23 Juni 2022 06:00 WIB - dilihat 175 kali
Kloter pertama tiba di Madina

IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 356 calon jemaah haji dan 4 petugas pendamping Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kloter haji kloter pertama diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Pemberangkatan kloter pertama menggunakan pesawat Garuda Indonesia type A330-300 rute Balikpapan-Kualanamu-Jeddah. Pelaksanaan Jemaah Haji 2022 kali ini dibagi menjadi 8 kloter yang dilaksanakan mulai tanggal 22 Juni 2022 hingga 1 Juli 2022.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma mengatakan “Pada pemberangkatan calon Jemaah Haji tahun 2022 ini kami telah menyiapkan jalur khusus guna memudahkan dan mempercepat proses naiknya calon Jemaah Haji ke atas pesawat udara”.

“Dengan mengedepankan kenyamanan calon Jemaah Haji tentunya kami juga berfokus pada faktor keamanan, dimana kami telah melakukan proses clearance di Asrama Haji Balikpapan sehingga setibanya di Bandara tidak perlu melakukan scanning lagi,” katanya pada Rabu (22/6/2022).

Terkait alur keberangkatan calon Jemaah Haji sudah dipersiapkan untuk pintu masuk melalui gate perimeter dan langsung diposisikan bus di daerah apron agar calon Jemaah Haji hanya memerlukan beberapa menit saja untuk naik ke atas pesawat udara.

“Prosedur tersebut akan diterapkan juga kepada 7 kloter berikutnya. Rika berharap semoga koordinasi yang dibangun antara PT Angkasa Pura I dan stakholder bandara beserta PPIH berjalan dengan baik guna meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Sebagai informasi total calon Jemaah Haji yang akan berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 2.629 dan Debarkasi Jemaah Haji 1443H/2022 akan dilaksanakan tanggal 3 Agustus 2022 sampai 12 Agustus 2022.

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS