Kumandangkan Lagu Islami, Syarikat Islam Balikpapan Gelar Festival Hadrah dan Rebana

Redaksi - Sabtu, 14 Januari 2023 11:00 WIB - dilihat 270 kali
Ketua Syarikat Islam Cabang Baikpapan Abdulloh

IBUKOTAKINI.COM - Syarikat Islam Cabang Baikpapan menggelar Festival Hadrah dan Rebana Ibu Kota Negara selama tiga hari ke depan. Festival dibuka oleh Pimpinan Cabang Syarikat Islam Balikpapan, Abdulloh bersama isteri dan Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setdakot Balikpapan Budi Mulyatno, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Balikpapan, Suharti dan tokoh agama.

Pemukulan rebana tanda dimulainya festival yang berlangsung di E-walk Balikpapan Superblock mulai 13-15 Januari 2023.

Abdulloh mengapresiasi kegiatan festival yang berlangsung di mal. Dengan begitu lagu lagu islami akan terdengar di mal selama kegiatan berlangsung.

"Melalui kegiatan-kegiatan ini didalamnya tentu yang dikumandangkan adalah lagu-lagu yang bernuansa Islami dan ini bagian dari program Syarikat Islam," katanya ketika membuka Festival Hadrah dan Rebana di E-walk Balikpapan Superblock, Jumat (13/½023).

BACA JUGA:

Selain itu, untuk memupuk silaturahmi antar peserta yang mengikuti dari 10 kabupaten kota di Kalimantan Timur.

Dalam festival diikuti 50 peserta yang terbagi hadrah dan rebana. "Junjung sportivitas para peserta agar tetap kondusif selama kegiatan berlangsung," ujar Abdulloh yang juga Ketua DPRD Balikpapan.

Sementara itu, Kabag Kesra Budi Mulyatno mengatakan terselenggaranya festival hadrah dan rebana, sebagai salah satu upaya melestarikan seni dan budaya bernafas islami, dalam kaitannya dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

“Kita bisa menggunakan kesenian ini untuk meningkatkan silaturahim, memupuk tali persaudaraan, sehingga tercipta suasana aman dan damai yang menjadi modal utama pembangunan,” kata Budi Mulyatno membacakan sambutan Wali Kota.

Di kesempatan ini, ia juga menyampaikan bahwa tema Hari Ulang Tahun ke 126 Kota Balikpapan adalah Balikpapan Berkolaborasi dan Balikpapan Bersinergi. Dengan seluruh komponen masyarakat sangat penting dalam upaya mewujudkan visi dan misi kota.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung sehingga Kota Balikpapan mendapatkan 36 penghargaan dari Pemerintah Provinsi pada peringatan HUT ke 66 Provinsi Kaltim, termasuk di antaranya pembangunan berupa 16 panji keberhasilan,” tutupnya. ###

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS