Kunjungi Balikpapan, Dubes India Tawarkan Program Pendidikan

Redaksi - Selasa, 18 Januari 2022 20:05 WIB
Duta Besar India untuk Indonesia, H. E. Sri. Manoj Kumar Bharti

IBUKOTAKINI.COM – Seiring dengan diputuskannya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Kota Balikpapan menjadi salah satu daerah yang penting, mengingat kota yang dikenal kota minyak ini salah satu kota penyangga IKN.

Hal ini diungkapkan Duta Besar India untuk Indonesia, H. E. Sri. Manoj Kumar Bharti, usai mengunjungi langsung Pemerintah Kota Balikpapan, pada Selasa (18/1/2022).

Kunjungan Dubes India ini diterima langsung Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli bersama jajaran sekretariat Pemkot Balikpapan, di Kantor Wali Kota Balikpapan.

Duta Besar India untuk Indonesia, H. E. Sri. Manoj Kumar Bharti mengungkapkan tujuan ke Balikpapan ada beberapa hal yang ingin dijajaki.

“Tujuannya ke Balikpapan ada beberapa hal. Di antaranya kemarin mengunjungi Ibu Kota Baru di PPU. Dan melihat akan ada banyak pembangunan konstruksi. Berharap untuk konstruksi, India bisa ambil bagian,” ucapnya kepada media.

Mengingat, perusahaan India juga terlibat dalam proyek-proyek besar di Indonesia. Di antaranya pembangunan airport di Medan. Termasuk juga pembangunan jalan tol.

Baca juga:

“Salah satu perusahaan India memenangkan tender untuk pembangunan airport di Kualanamu Medan. Selain untuk airport untuk pembangunan jalan dan tol sebagainya,” sebutnya dengan ramah.

Di samping itu lanjutnya, India siap berinvestasi khususnya industri farmasi maupun Ilmu Teknologi. “India ingin menitikberatkan pada industri pabrik farmasi terutama, termasuk IPTEK,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sayid MN Fadli mengatakan bahwa kedatangan Dubes India ke Balikpapan untuk menjajaki kerja sama bidang pendidikan dan farmasi serta bidang lainnya.

“Mereka menawarkan bidang pendidikan yaitu program beasiswa bagi masyarakat Balikpapan untuk menempuh pendidikan secara gratis. Ada pula 27 kursus yang ditawarkan kepada ASN di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan,” kata Sayid MN Fadli usai menerima kunjungan Dubes India.

Selain menjajaki kerja sama, menurutnya, kunjungan ini juga karena Balikpapan bagian dari Kota yang penting setelah diputuskan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

Editor: Ferry

RELATED NEWS