Momentum Hari Kurban Jadi Saat Tepat Perkuat Solidaritas Sambil Berbagi

Redaksi - Minggu, 02 Agustus 2020 01:51 WIB - dilihat 226 kali
Sejumlah komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders tengah berkumpul dalam sebuah acara beberapa waktu lalu. undefined

Pada momen Hari Raya Idul Adha tahun ini, ratusan komunitas asal Indonesia Timur mengadakan kegiatan sosial dengan membagikan ribuan paket daging kurban sambil menjalin silaturahmi dan memperkuat solidaritas.

Total hewan kurban yang didonasikan 379 komunitas ini sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Melalui kegiatan yang baru pertama kali dilakukan ini diharapkan lebih dari 5 ribu paket daging kurban dapat dibagikan kepada masyarakat yang berhak.

Ketua Japstyle dan Bratstyle Indonesia (JBI) Kadit Itreng Malang mewakili komunitas Bold Riders Malang Khoirul Anwar mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya teman-teman komunitas untuk memperkuat silaturahmi dan membangun solidaritas sesama anggota.

"Momentum hari kurban menjadi saat yang tepat bagi kita untuk memperkuat solidaritas dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu," jelas Khoirul, Kamis, 30 Juli 2020.

Sementara itu, menurut Sam Ambon, dari berbagai komunitas yang terlibat kegiatan ini, sebanyak 41 merupakan komunitas merupakan komunitas dari SuperSoccer yang biasa aktif di kegiatan sepak bola, SuperAdventure 13 komunitas, kemudian komunitas Heppiii Community yang merupakan kumpulan karang taruna (Karta) dan pokdarwis sebanyak 72 komunitas.

Komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders menjadi peserta terbesar sebanyak 238. Sehingga total anggota komunitas yang terlibat dalam kolaborasi ini mencapai lebih dari 15 ribu orang. Komunitas lain yang ikut berpartisipasi sebanyak 15.

Presiden The Macz Man, Ocha Alim Bachri mewakili komunitas SuperSoccer Makassar menyambut positif kegiatan yang dianggapnya keren ini. Apalagi pembagian paket daging kurban secara bersamaan ini dilakukan disaat masyarakat sedang mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19.

"Kami dari komunitas SuperSoccer Makassar sangat mendukung dan antusias untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini. Solidaritas adalah jiwa kami sebagai bagian dari suporter sepak bola Makassar," ungkap Ocha.

Ketua Karta Laweyan, Imam Hanafi menyampaikan terima kasih kepada para anggota komunitas Heppiii Community di berbagai kota di Jawa Timur yang sudah ikut terlibat dalam kegiatan donasi hari kurban ini.

Menurutnya, peringatan hari raya dengan membagikan paket daging korban adalah salah satu contoh terbaik untuk membangun kebersamaan dan memperkuat kearifan lokal.

"Dari Probolinggo kami bangga bisa ikut berpartisipasi dan bergabung dengan rekan-rekan komunitas SuperSoccer, Bold Riders, dan komunitas Heppiii Community lainnya. Ini adalah kegiatan luar biasa, baru pertama terjadi, dan semoga menginspirasi banyak pihak," jelas Imam.

Soeharto, seorang pemerhati komunitas menilai bahwa kolaborasi ratusan komunitas untuk berbagi paket daging kurban ini sangat positif di waktu yang tepat. Inisiatif masing-masing komunitas dengan mengumpulkan dana dan kemudian membeli hewan kurban secara mandiri juga pantas diapresiasi. Langkah itu dinilai sebagai contoh bahwa komunitas adalah aset sosial yang penting untuk membangun masyarakat.

Menurut Soeharto, kegiatan ini luar biasa. Konsep berbagi yang dijalankan berbagai komunitas di berbagai kota di Indonesia Timur ini bisa menjadi contoh bagi komunitas ataupun anggota masyarakat lainnya.

"Bahwa kita hidup bersama orang lain dan harus saling membantu, saling meringankan agar hidup menjadi semakin berharga. Salut," kata Soeharto, pria yang sudah bertahun-tahun membina berbagai komunitas di Indonesia.

Bagikan

RELATED NEWS