Pelaksanaan Vaksinasi Lansia Libatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa

Admin - Kamis, 10 Juni 2021 19:11 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Balikpapan, Andi Sri Juliarty (sumber: ibukotakini.com)

IBUKOTAKINI.COM – Dinilai belum maksimal, pelaksanaan vaksinasi covid-19 untul lanjut usia (Lansia) akan melibatkan Bhabinkamtibmas. Langkah itu dilakukan untuk mendorong program vaksinasi lansia di Kota Balikpapan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dilibatkannya Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan program Pemerintah Pusat.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menginstruksikan langsung agar babinsa dan babinkabtimas ikut terlibat lansgung.

“Jadi ada program sinergitas dari pusat yang memang langsung diarahkan langsung Bapak Kapolri,” ujarnya, dalam konfrensi pers di Balai Kota, Kamis (10/6/2021).

Dimana untuk Bhabinkabtimnas kepolisian, sementara TNI akan melibatkan Babinsa bersama-sama membantu menggerakkan lansia untuk mendapatkan vaksinasi.

Andi Sri Juliarty menyebutkan, selama ini vaksinsi lansia mengalami berbagai kendala. Sehingga belum maskimal. Karenanya Babinsa dan Bhabinkabtimnas membantu melakukan sosialisasi.

“Karena memang kalau lansia untuk mendapatkan vaksinasi masih bermacam-macam ada yang emmang belum memahami, ada yang memang terkendala akses transportasi,” ujarnya

Dengan adanya Banbinsa dan Bhabinkabtimnas akan membantu yang belum paham dibantu sosialisasi dan edukasi. Ditambahkannya, sejauh ini untuk program vaksinasi lansia untuk dosis pertama baru sekitar 25 persen.  

RELATED NEWS