Pelantikan PPS Pemilu 2024, Wali Kota Minta Jaga Netralitas

Redaksi - Selasa, 24 Januari 2023 19:00 WIB
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PPS Kota Balikpapan, Selasa, 24 Januari 2023

IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 102 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Balikpapan telah dilantik. Dan kini anggota PPS memasuki masa orientasi dan pembekalan jelang persiapan pelaksanaan pemilu.

Pelantikan dipimpin Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha yang disaksikan Wali Kota Rahmad Mas’ud dan Asisten I Zulkipli. Usai pelantikan dan pengambilan sumpah, PPS menandatangani fakta integritas di Ballroom Hotel Sagita Balikpapan, Selasa (24/1/2023).

Noor Thoha mengatakan PPS yang telah bergabung sudah menjadi keluarga besar penyelenggara Pemilu Kota Balikpapan. Ketika sudah menjadi bagian dari penyelenggara, seluruh tingkah laku, perbuatan, tutur kata itu ada aturannya, sesuai yang tercantum pada fakta integritas.

"Kita jaga betul, karena seluruh warga Balikpapan mempercayakan penyelenggaraan Pemilu itu kepada kita, bukan kepada orang lain," ungkapnya.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutan mengatakan PPS dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan fakta integritas yang telah dibacakan. "Fakta integritas dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. PPS dapat bersikap netral dan adil," ujarnya.

BACA JUGA:

PPS menjalankan pengabdian kepada bangsa dan negara, untuk menyelenggarakan pemilihan umum tahun 2024 sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Atas nama pemerintah kota mengucapkan selamat kepada PPS," ucapnya.

Semua warga memiliki kewajiban yang sama yakni berhak dipilih dan berhak untuk memilih. "Kita sukseskan pemilihan umum dan menjadi tolak ukur terkhusus di Kalimantan timur," terangnya.

Apalagi dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) pastinya benturan secara politik akan mewarnai. Meskipun demikian, seluruh warga Kalimantan timur berkomitmen untuk mensukseskan dan menyambut gembira pemindahan IKN, dalam menyongsong Indonesia baru, Indonesia emas dan menuju peradaban Indonesia yang lebih martabat ke depannya.

"Dapat mengedukasikan kepada seluruh warga untuk menjaga ketertiban, keamanan dan membangun Kota yang kita cintai. Ini menjadi komitmen bersama," pungkas Rahmad Mas’ud. ###

Editor: Ferry

RELATED NEWS