Pemerintah Ungkit Konsumsi Jagung dan Umbi

Admin - Senin, 03 Mei 2021 10:13 WIB
Upaya diversifikasi pangan lokal dilakukan pemerintah untuk menekna ketergantungan masyarakat terhadap beras.

IBUKOTAKINI.COM - Saat ini Kementerian Pertanian RI melakukan berbagai upaya untuk diversifikasi pangan demi tetap menjaga ketahanan pangan nasional.  Walaupun diversifikasi ke arah konsumsi pangan non beras non terigu tidak mudah, mengingat semakin menurunnya konsumsi pangan non beras seperti umbi-umbian dan serealia lainnya. 

Sementara penurunan konsumsi beras, justru meningkatkan konsumsi terigu, seperti roti, dan olahan berbahan dasar terigu lainnya.  "Bukan beralih ke pangan lokal setempat seperti umbi-umbian dan jagung, serta jenis serelia lokal," kata Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikutura Kaltim Siti Farisyah Yana, Jumat (30/4/2021).

Pada tahun 2020, jelasnya, Kementerian Pertanian menempatkan Program Diversifikasi Pangan Lokal sebagai cara untuk meningkatkan ketersediaan pangan di era normal baru.  "Program akan difokuskan pada peningkatan penyediaan dan konsumsi jagung, ubi kayu, sagu, dan talas termasuk serelia lokal, untuk memenuhi kecukupan gizi masyarakat agar dapat hidup sehat, aktif dan produktif," ujarnya.

Karenanya, perlu dilakukan percepatan diversifikasi pangan secara menyeluruh, sejak dari hulu ke hilir. 
"Dari sisi hulu dilakukan perbaikan pada teknologi budaya, pendampingan serta penyediaan sarana dan prasarana usaha tani," sebutnya.

Diantaranya, perbaikan sisi akses mendapatkan pangan lokal melalui perbaikan teknologi pasca panen, meliputi penanganan pasca panen, penyimpanan maupun pengolahan dan memperluas skala usaha serta pemasaran melalui kemitraan dengan retail dan industri besar.

Termasuk perbaikan sisi pemanfaatan melalui edukasi dan promosi guna merubah kebiasaan dan pola pikir masyarakat terhadap konsumsi pangan lokal non beras non terigu. Sedangkan perbaikan kegiatan hulu meliputi teknis budidaya pertanian dan pendampingan dilaksanakan secara bersama-sama dan peningkatan sisi pemanfaatan. 

"Dalam percepatan diversifikasi pangan, Badan Ketahanan Pangan melakukan edukasi dan promosi pemanfaatan pangan lokal dengan dukungan dinas/instansi yang menangani ketahanan pangan di provinsi," ungkapnya.

Tags PERKEBUNAN JAGUNGBagikan

RELATED NEWS