Pemindahan Ibu Kota Negara Picu Pemerataan

Redaksi - Sabtu, 14 Mei 2022 06:00 WIB
Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang

IBUKOTAKINI.COM - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang menyebut pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur dapat memicu pemerataan pembangunan. Pernyataan gubernur disampaikan saat menghadiri Celebes Strategic Forum dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam Rapimnas yang mengangkat tema “Sulawesi sebagai penunjang strategis IKN Nusantara” Gubernur Zainal hadir sebagai narasumber di Kampus 1 BPSDM Makassar pada Kamis (12/5/2022) malam. “Dengan perpindahan IKN ke Provinsi Kaltim ini merupakan suatu niat Bapak Presiden RI untuk pemerataan pembangunan,” ujar Zainal dalam pernyataan resmi.

Ia menjelaskan nantinya kegiatan-kegiatan pemerintahan, perekonomian akan berpindah ke wilayah Kalimantan. Karena keberadaannya di tengah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dan akan mendapat efek domino terhadap provinsi sekitarnya sebagai provinsi penyanggah termasuk Kaltara,” ujarnya dihadapan peserta Rapimnas.

Ia menambahkan, di luar pulau Kalimantan seperti pulau Sulawesi salah satunya Provinsi Sulsel pun pasti akan terdampak dan memiliki peran penting kedepannya terhadap perkembangan IKN.

“Ini mendorong penurunan kesenjangan antar wilayah. Mudah-mudahan dengan mulainya perpindahan IKN ini, masalah kesenjangan dapat diatasi,” tuturnya.

Editor: Ferry

RELATED NEWS