Pemkot Balikpapan Akan Bangun Posko Pengendalian Covid-19 di Pusat Perbelanjaan

Admin - Senin, 03 Mei 2021 21:46 WIB
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat sidak parcel, baru-baru ini

IBUKOTAKINI.COM – Untuk mengendalikan penyebaran kasus covid-19, Pemerintah Kota Balikpapan akan membangun posko pengendalian penyebaran Covid-19 di Pusat Perbelanjaan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Zulkifli mengatakan pembangunan posko ini tertujuan untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan khusus pada bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1442/2021.

“Posko ini akan berjalan pada tanggal 4 sampai 16 mei 2021 yang melibatkan personil unsur TNI, POLRI, SATPOL PP, DISHUB, BPBD dan Dinas Kesehatan,” ungkap Zulkifli. Apabila ada ditemukan pelanggaran dikawasan yang telah dibangun posko pengawasan tersebut maka langsung ditindak ditempat. 

Zulkifli menerangkan pihaknya belum membuat keputusan apakah pusat perbelanjaan akan tetap buka atau ditutup selama libur Lebaran. Karena pihaknya masih akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak pengelola pusat perbelanjaan yang ada di Kota Balikpapan.

“Kami belum memutuskan untuk membuka atau menutup Mall selama libur lebaran, namun pengalaman di tahun lalu Mall atau pusat perbelanjaan kami tutup selama dua hari, lebih lanjut kami akan berkoordinasi dengan pihak pengelola,” terangnya.

Mengantisipasi terjadinya lonjakan pengunjung Pasar Tradisional menjelang lebaran, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pihaknya telah melakukan skema tertentu agar tidak terjadi kerumunan.

“Kita minta Kepala Dinas Perdagangan berkoordinasi dengan UPT untuk menjaga betul protokol kesehatan di pasar dan mengatur keluar masuk pengunjung agar tidak terjadi penumpukan didalam pasar,” ujar Rizal Effendi.

Sementara itu update perkembangan kasus terkonfirmasi kasus positif Covid-19 di Kota Balikpapan hari ini (3/5) terdapat penambahan 17 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 31 kasus selesai isolasi, 2 kasus positif Covid-19 meninggal dunia.

RELATED NEWS