Perpus Karta Patriot Terpilih Ikut Lomba di Jawa Timur

Admin - Rabu, 21 April 2021 06:29 WIB
Perpus Karta Patriot Terpilih Ikut Lomba di Jawa Timur

PROBOLINGGO, IBUKOTAKINI.COM - Karang Taruna (Karta) Patriot Desa Brumbungan Lor, Probolinggo yang tergabung dalam Heppiii Community ditunjuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo, untuk ikut berkompetisi dalam lomba perpustakaan di tingkat Jawa Timur. Karta Patriot memiliki perpus yang dikelola langsung oleh komunitas anak-anak muda desa setempat dengan sangat profesional . 

Pemilihan Karta Patriot sebagai satu-satunya wakil dari Probolinggo karena selama ini perpustakaan mereka aktif berkegiatan dan dapat memberi nilai manfaat yang positif bagi masyarakat sekitar. Saat Pandemi misalnya, komunitas anak-anak muda di Karta Patriot membuka Ruangan Belajar Online (RBO) untuk kalangan pelajar hingga mahasiswa. 

Di perpustakaan milik Karta Patriot disediakan internet gratis, kemudian bahan bacaan yang melimpah, bahkan untuk hari-hari tertentu anggota Karta Patriot juga memberikan bimbingan belajar kepada pelajar di desa setempat. 

Bermula dari pemberdayaan komunitas anak-anak muda desa setempat inilah akhirnya perpus Karta Patriot ditunjuk oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo untuk menjadi duta daerah dalam lomba perpustakaan desa di tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Perpustakaan Karta Patriot ini juga menjadi rujukan desa lain maupun sejumlah organisasi untuk mengelola perpustakaan termasuk mengelola organisasi karang taruna. Karta Patriot juga pernah dikunjungi DPRD kabupaten, kota, maupun provinsi terkait pengelolaan karta tersebut. 

Ketua Karang Taruna Patriot Desa Brumbungan Lor, Faqih Rizky Muhammad, mengatakan sebagai persiapan lomba, akhir pekan kemarin perpustakaan Karta Patriot dikunjungi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Probolinggo. Dalam kunjungan itu, pihak dinas menilai fasilitas seperti internet, komputer, ratusan koleksi buku, termasuk ruangan yang representatif dan banyak kegiatan menarik menjadi alasan penunjukan Karta Patriot mengikuti lomba tingkat provinsi. 

"Kunjungan kemarin juga dalam rangka visitasi dan pengecekan kesiapan Perpustakaan Patriot untuk partisipasi dalam Kompetisi Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi 2021," kata Faqih Rizky Muhammad yang akrab disapa Eky ini, Senin (19/4). 

Saat ini persiapan dari Karta Patriot sudah dalam proses pelengkapan berkas administrasi untuk dikirim ke Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur sebelum masa deadline 30 April 2021. 

"Rangkaian lomba ini ada beberapa tahap, untuk tahap satu kelengkapan berkas dan administrasi, tahap dua nanti ada visitasi beserta presentasi dari kami karena akan ada kunjungan langsung," ungkap Eky. 

Koordinator Heppiii Community Probolinggo Dwi Haryantoro turut bangga dengan adanya penunjukan perpustakan Karta Patriot dalam lomba tingkat provinsi mewakili Probolinggo. Menurutnya sangat layak perpustakaan mereka diikutkan dalam lomba. 

"Koleksi buku mereka juga sangat lengkap, seperti buku soal budidaya, ini kan dibutuhkan warga seperti untuk petani. Kemudian buku yang dibutuhkan pelajar, dan mahasiswa serta masyarakat umum seperti buku fiksi, ilmu pengetahuan umum, hukum, dan buku lain menyesuaikan kebutuhan masyarakat desa setempat, semua ada," ungkapnya. 

Kegiatan mereka juga sangat positif, seperti saat pandemi awal anak-anak muda di komunitas ini juga aktif terlibat dalam posko penanggulangan Covid-19. Yang terbaru mereka juga turun langsung ke lokasi bencana saat ada bencana banjir di kawasan Dringu Probolinggo bulan lalu. 

"Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang terbaik, dan yang terpenting anak-anak muda di Karta Patriot selalu semangat untuk terus berbuat baik untuk masyarakat setempat," pungkasnya.
 

RELATED NEWS