PLTS Derawan Menuju Green Island Wisata Pulau Derawan

Redaksi - Rabu, 14 September 2022 11:00 WIB - dilihat 129 kali
PLN memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur sebagai komitmen kurangi emisi karbon. Foto: PLN UIW Kaltimra.

IBUKOTAKINI.COM - PLN memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan merupakan salah satu pesona wisata bahari yang memukau karena keindahan alam bawah lautnya. Kehadiran panel surya di Pulau Derawan diharapkan menjadi semangat awal cikal bakal Green Island Wisata Pulau Derawan.

General Manager PLN UIW Kaltimra. Joice Lanny Wantania, mengatakan bahwa hadirnya PLTS Derawan merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui pemanfaatkan energy baru terbarukan.

"Hadirnya PLTS di Pulau Derawan menunjukkan komitmen PLN dalam penggunaan sumber listrik ramah lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan bauran energi hijau di Indonesia,” terang Joice.

BACA JUGA:

Dikelola oleh PLN UIW Kaltimra sejak tahun 2012, PLTS Derawan beroperasi dengan daya mampu maximum hingga 80 kilo watt peak (kWp) untuk menyuplai listrik warga kepulauan Derawan.

Menurut Joice, keberadaan PLTS Derawan terus diperbaiki dan direvitalisasi sehingga bisa memberikan suplai listrik yang lebih stabil bagi warga setempat.

“Saat ini kami fokus melakukan pengelolaan agar operasi PLTS Derawan bisa maksimal. Kedepannya kami rencanakan untuk melakukan revitalisasi panel surya untuk meningkatkan kapasitas hingga 190 kWp", tambahnya.

Melalui PLTS Derawan, PLN terus memupuk semangat agar kedepannya dapat mewujudkan kawasan wisata Green Island Pulau Derawan yang semakin ramah lingkungan. ###

Editor: Ferry Cahyanti
Tags PLN UIW KaltimraBagikan

RELATED NEWS