Produsen Kaca asal China Berencana Jadikan Balikpapan Jadi Basis Produksi

Redaksi - Jumat, 11 November 2022 10:21 WIB - dilihat 888 kali
Xinyi Glass Holding Ltd berencana menjadikan Balikpapan sebagai basis produksi di Indonesia

IBUKOTAKINI.COM – Xinyi Glass Holdings Ltd, produsen kaca asal China berencana melebarkan sayap di Balikpapan. Perusahaan yang telah memiliki anak usaha di Gresik, Jawa Timur, berencana memperkuat basis produksi mereka di Indonesia.

Business Development Xinyi Group, Cheng Gang mengatakan, Balikpapan menjadi tujuan investasi karena telah direkomendasikan.

Apalagi, daerah ini berdekatan dengan ibu kota negara baru, Nusantara.

“Untuk itu kami datang ke sini untuk melihat langsung beberapa lokasi di Kaltim. Selama dua bulan komunikasi Balikpapan juga menjadi salah satu daerah yang direkomendasikan,” ucap Cheng Gang, Kamis, 11 November 2022.

Xinyi Glass Holdings Ltd, induk usaha PT Xinyi Glass Indonesia, adalah produsen terkemuka produk kaca. Termasuk kaca mobil, kaca elektronik hemat energi, kaca float, dan produk kaca lainnya.

BACA JUGA:

Cheng Gang didampingi Project Manager, Chua Pin Lip, meyakini keberadaan perusahaannya turut mengakselerasi perkembangan kota Balikpapan.

“Kami akan melaporkan langsung ke CEO kami. Apalagi kami telah menerima gambaran secara teknis di lapangan,” jelasnya. Cheng Gang akan berusaha mendatangkan CEO Xinyi ke Balikpapan.

Sementara perwakilan Kementerian Investasi BKPM, Yudha Tri Utama mengatakan, Xinyi Group sebelumnya telah berinvestasi di Gresik, Jawa Timur dengan mendirikan PT Xinyi Glass Indonesia.

“Mereka mau bikin yang lebih besar dari Gresik. Karena itu sedang mempertimbangan lokasi paling cocok. Dan Kelihatannya di Balikpapan, Kalimantan Timur paling cocok,” kata Yudha Tri Utama.

Ia mengakui, Balikpapan dan Kaltim, saat ini menjadi primadona. “Mereka berkomitmen kalau investasi di Indonesia tidak akan impor bahan baku. Karena bahan baku bisa didapat di dalam negeri,” imbuh Yudha.

Xinyi juga memiliki kemampuan membuat solar panel. Sehingga bisa bikin Indonesia menjadi produsen solar panel dunia. “Itulah mengapa Kementerian Investasi / BKPM menugaskan kami untuk serius mengawal,” jelas Yudha. Investasi Xinyi dapat mendorong ekspansi industri kaca sehingga memiliki suplai chain lengkap di Indonesia. ###

Editor: Ferry Cahyanti

RELATED NEWS